Wisata  

Perpindahan Penduduk Bali Tangkap 24 WNA yang Overstay dan Terlibat Mengambil Keuntungan



Badung

Petugas Kantor Perpindahan Penduduk Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Menahan 24 warga Negeri Asing (WNA) Sebab melebihi batas izin tinggal (overstay) dan dugaan tindak pidana Mengambil Keuntungan. 24 WNA itu berasal Di Nigeria, Ghana, dan Tanzania.

“Di laporan Kelompok yang diterima menginformasikan adanya WNA yang overstay dan melakukan Mengambil Keuntungan,” kata Kepala Kantor Perpindahan Penduduk Ngurah Rai, Suhendra, Di siaran pers, Jumat (31/5/2024).

Suhendra mengatakan tiga pria Nigeria yang ditangkap Di antaranya berinisial ACP (23), FEO (33), dan OIC (35). Mereka terbukti overstay Pada dua bulan atau 60 hari.


Awalnya, jelas Suhendra, hanya salah satu Di tiga WN Nigeria itu yang ditangkap gara-gara overstay. Setelahnya dilakukan pemeriksaan, bertambah lagi dua orang lainnya.

Setelahnya Itu, penangkapan bertambah lagi sebanyak 19 WN Nigeria dan masing-masing seorang WN Ghana serta WN Tanzania. Mereka ditangkap Pada patroli keimigrasian, Selasa (28/5/2024).

“Yang dilaporkan satu orang Di Pada pemeriksaan ditemukan tiga orang (nambah dua orang lagi). Dikembangkan lagi ketemu 21 orang. Karena Itu, total 24 orang,” imbuh Suhendra.

Tiga WNA asal Benua Afrika itu kini Lagi menjalani pemeriksaan, terutama atas dugaan tindak Mengambil Keuntungan berdasarkan laporan Kelompok Di Kantor Perpindahan Penduduk Ngurah Rai. Sedangkan sisanya sudah ditahan Di Rumah Detensi Perpindahan Penduduk (Rudenim) Denpasar Untuk proses pendeportasian.

“Yang kami bisa jangkau dahulu adalah overstay-nya. Untuk Mengambil Keuntungan yang diadukan penyidik masih melakukan pendalaman,” jelas Suhendra.

Kepala Kantor Area Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Bali Pramella Yuniar Pasaribu menegaskan pihaknya terus mengawasi Karya warga Asing. Dia meminta warga Asing agar patuh Di aturan yang berlaku Di Indonesia.

“Kami juga berkomitmen Berencana terus melakukan pengawasan Di warga Asing yang berada Di Bali. Kami Berencana terus memastikan setiap warga Asing punya izin tinggal sesuai Di peruntukannya,” kata Pramella.

Artikel ini telah tayang Di detikbali

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Perpindahan Penduduk Bali Tangkap 24 WNA yang Overstay dan Terlibat Mengambil Keuntungan