BNPB Imbau Warga Halmahera Selatan Waspada Genangan Air Susulan

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengimbau, warga Halmahera Selatan Sebagai tetap waspada Pada potensi Genangan Air susulan. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengimbau, warga Halmahera Selatan Sebagai tetap waspada Pada potensi Genangan Air susulan. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Meramalkan kawasan tersebut Berpeluang terjadi hujan Didalam intensitas tinggi.

“BNPB mengimbau kepada seluruh Komunitas Sebagai Meningkatkan kewaspadaan Pada potensi Genangan Air susulan yang dapat terjadi akibat faktor cuaca ekstrem,” ujarnya, Selasa (25/6/2024).

Berdasarkan perkembangan informasi Untuk BMKG diperkirakan Area Di Kabupaten Halmahera Selatan Merasakan curah hujan tinggi yang Berpeluang menyebabkan Genangan Air susulan Untuk beberapa hari Di Didepan.

Dia menerangkan, hujan Didalam intensitas Untuk hingga tinggi yang terus menerus mengguyur Area Gane Barat Di 22-23 Juni 2024 menyebabkan debit air Di beberapa sungai naik dan meluap Di pemukiman warga. Sebab, ada lebih Untuk 3.000 jiwa terdampak bencana Genangan Air yang Menyapu Kecamatan Gane Barat dan Kecamatan Gane Timur Di Kabupaten Halmahera Selatan Di Minggu, 23 Juni 2024 malam.

Dia menambahkan, BPBD Kabupaten Halmahera Selatan membantu evakuasi dan Menyediakan Dukungan kepada warga yang terdampak Genangan Air. Dukungan berupa pemenuhan Kebutuhan dasar Komunitas dampak bencana berupa Dukungan Ekspedisi Didalam BPBD sebanyak 530 Paket.

“Kebugaran terkini Genangan Air berangsur surut, listrik masih padam, dan sulitnya akses jaringan komunikasi. Hujan Didalam intensitas Untuk hingga tinggi masih terus mengguyur Area tersebut, menambah kekhawatiran warga setempat. Penduduk Di sembilan desa Di dua kecamatan yang terdampak terpaksa mengungsi Sebagai menghindari Genangan Air yang terus mengancam,” katanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: BNPB Imbau Warga Halmahera Selatan Waspada Genangan Air Susulan