Bisnis  

Blok Migas Terbesar dan Paling Produktif Di Sejarah Perminyakan RI

Blok Rokan tercatat sebagai blok migas terbesar dan paling produktif Di sejarah perminyakan Indonesia. Kepala Negeri pun mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan. Foto/Dok

JAKARTA – Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) mencatat Blok Rokan merupakan blok migas terbesar dan paling produktif Di sejarah perminyakan Indonesia. Kepala Negeri pun mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan, pasca diambil alih sekaligus dikelola PT Pertamina (Persero) Melewati PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Tadi pagi saya Merasakan laporan Di Dirut Pertamina bahwa produksi Di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari dan merupakan 25 persen Di seluruh produksi nasional Indonesia,” ungkap Kepala Negara Di memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Sabtu, (1/6/2024).

Kepala Negara Jokowi berharap, alih kelola Blok Rokan Bersama Pertamina ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya Sebagai Keadaan Kelompok Tanah Air.

“Blok Rokan hanyalah sedikit contoh Di semangat dan upaya kita Sebagai kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi Sebagai mengamalkan Pancasila Di kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak Di kepentingan nasional, berdiri Di atas kekuatan kita sendiri,” paparnya.

Rokan merupakan blok migas yang Memperoleh lebih Di 11.000 sumur aktif, 13.000 km jaringan pipa, Disekitar dua kali jarak Sabang-Merauke. Lebih Di 11 miliar barel Migas mentah telah diproduksi Di WK Rokan Di sejumlah lapangan-lapangan besar, Di antaranya Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan dan Pager.

Di Blok Rokan, Pertamina aktif menjalankan Langkah pengeboran. Produksi Migas Pertamina Hulu Rokan Di ini mencapai 162.000 barrel oil per hari (MBOPD), lebih tinggi dibandingkan produksi Sebelumnya alih kelola.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Blok Rokan memegang peran penting Di pembangunan kedaulatan, ketahanan dan kemandirian energi nasional.

“Pertamina bersama putra-putri terbaik bangsa berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai Bersama standar pengelolaan energi kelas dunia. Ini menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan Negeri Di bidang energi. Sebagai bangsa kita mampu mengelola blok besar dan mampu bersaing Bersama perusahaan energi Internasional,” papar Nicke.

Perjalanan Blok Rokan Kembali Hingga Pangkuan Ibu Pertiwi

Pengalihan pengelolaan Daerah Kerja (WK) Rokan Di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku anak usaha PT Pertamina (Persero) merupakan sejarah Untuk industri hulu migas Di Indonesia.

Sebelumnya, pengelolaan Blok Rokan dipegang Bersama CPI Di 97 tahun. Blok Rokan merupakan blok Migas terbesar Di Indonesia Bersama luas 6.220 kilometer persegi yang terletak Di lima kabupaten Di Riau, yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Blok Migas Terbesar dan Paling Produktif Di Sejarah Perminyakan RI