Sebut Serangan Siber Selalu Terjadi, Wapres Singgung Data Nasional

Wapres KH Maruf Amin mengatakan, serangan siber selalu terjadi Ke Dunia. Malahan, Indonesia juga Merasakan serangan siber beberapa hari terakhir. Foto/Setwapres

JAKARTAWakil Kepala Negara (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, serangan siber selalu terjadi Ke dunia. Malahan, Indonesia juga Merasakan serangan siber beberapa hari terakhir. Dia memastikan pemerintah telah menyiapkan antisipasinya.

Wapres mengungkapkan hal ini Di diminta respons Yang Berhubungan Di Pusat Data Nasional Sambil (PDNS) 2 Ke Surabaya, Jawa Timur, Merasakan serangan siber.

Pelaku dilaporkan menyerang PDNS 2 menggunakan randomware jenis Branchiper dan meminta tebusan sebesar USD 8 juta atau setara Rp131,3 triliun.

“Yang diutamakan kita itu kan mengembalikan, menormalkan keadaan ya. Dan alhamdulillah sekarang sudah normal,” kata Wapres usai Hadir Untuk Pembukaan Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2024, Ke Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jalan BSD Grand Boulevard Nomor 1, Pagedangan, Tangerang, Banten, Senin (24/6/2024).

Upaya Terapi Pusat Data Nasional ini terus dilakukan bersama BSSN, Polri, Kementerian/Lembaga Yang Berhubungan Di, Telkom dan mitra penyelenggara lainnya. Untuk Di ini, pusat pelayanan Perpindahan Penduduk sudah berjalan normal Untuk keperluan izin tinggal, pengurusan visa, dan lainnya.

“Sebabnya apa terjadi, ini Untuk dilakukan Di pihak Kominfo dan juga BSSN dan Untuk pihak Keselamatan Untuk mencari sebabnya,” kata Wapres.

“Dan kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Karena Itu, kita Untuk menyiapkan antisipasi-antisipasinya. Dan memang ini selalu terjadi, Ke dunia ini selalu terjadi,” tambahnya.

Wapres pun memastikan, pemerintah Akansegera memperkuat Pusat Data Nasional Untuk melindungi kerahasiaan Negeri, Kelompok dan menjaga pelayanan publik agar tidak terganggu.

“Karena Itu kita Akansegera memperkuat Untuk melindungi juga kerahasiaan Negeri, kerahasiaan Kelompok juga pelayanan publik jangan sampai terganggu. Pemerintah Akansegera terus Berusaha,” ujar Wapres.

“Lantaran itu pemerintah Untuk membuat satu data nasional, ini supaya tidak tercecer kemana-mana. Lantaran itu, gangguan ini menjadi satu pelajaran yang berharga Untuk kita Menantikan dan tidak boleh lagi terjadi Ke masa yang Akansegera datang,” pungkasnya.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Sebut Serangan Siber Selalu Terjadi, Wapres Singgung Data Nasional