Bisnis  

Pemberdayaan Kreator Konten Bisa Pacu Proses Transisi Energi

Pemberdayaan kreator konten didorong turut memacu proses transisi energi. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA – Langkah Energi Bersih, Terjangkau, dan Aman Sebagai Asia Tenggara (Clean, Affordable, and Secure Energy/CASE) dan Kementerian Perancangan Pembangunan Nasional/Badan Perancangan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengatakan, pemberdayaan kreator konten digital bisa memacu proses transisi energi Di Tanah Air.

Langkah Manager CASE Agus Tampubolon mengatakan pemberdayaan tersebut secara langsung memicu semua pihak Sebagai berkolaborasi bersama guna mewujudkan transisi Di Energi Hijau. Dia mengatakan salah satu tantangan Di menyuarakan Permasalahan transisi energi yaitu Sebab dampaknya yang tidak terlihat secara langsung.

Berencana tetapi, Lewat media dan skema bercerita (storytelling), kreator konten dinilai bisa mengubah Kejadian Luar Biasa Di lingkungan Di menjadi dokumentasi yang menjangkau Kelompok lebih luas. Ia menyampaikan produksi konten media sosial Berencana saling melengkapi Di menyuarakan Permasalahan transisi energi secara masif, itu Sebab proses penyebaran informasi tak hanya bekerja secara top-down, melainkan juga bottom-up Lewat gerakan atau inisiatif Di Kelompok.

Ia menilai Di komunikasi yang terjalin itu, bisa membuat semua pihak mengetahui suatu permasalahan Di proses akselerasi transisi energi, Supaya bisa Memutuskan tindakan.

“Itu juga yang menjadi salah satu tujuan Di project CASE. Dulu, CASE hanya Berorientasi Di Kajian dan memberi rekomendasi Keputusan kepada pemerintah, tapi sekarang kami juga mulai masuk menggunakan media sosial,” kata dia, Jumat (31/5/2024).

Lebih Jelas, Perencana Ahli Muda Sektor Energi dan Ketenagalistrikan Bappenas Jayanti Maharani menyampaikan, pihaknya mendukung pemanfaatan kreator konten. Itu Sebab kolaborasi Di berbagai pihak dibutuhkan supaya proses transisi energi bisa Diprioritaskan, Supaya Visi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

“Pemerintah mendukung Langkah serupa guna merangkul Lebih banyak pihak dan sama-sama menyampaikan kepada Kelompok luas tentang pentingnya transisi energi,” katanya.

CASE telah Melakukan lokakarya mini berjudul #xploREtalk Elevating Eco-Warriors as Digital Storytellers guna membekali para konten kreator media sosial yang bergerak Di Permasalahan lingkungan dan transisi energi Bersama wawasan teknis, dan substansi Di pembuatan konten digital.

Harapannya, lokakarya ini bisa memperluas jangkauan narasi transisi energi lebih luas, khususnya Di kelompok usia Gen Z, sekaligus memperkuat narasi dan peliputan Permasalahan transisi energi Di media. CASE bertujuan Sebagai Merangsang perubahan Di sektor ketenagalistrikan Asia Tenggara Di peningkatan ambisi mitigasi Krisis Lingkungan. Langkah ini terfokus Di empat Negeri terbesar Di kawasan Organisasiregional yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. 

Keempat Negeri tersebut mewakili hampir tiga perempat Di total pembangkit listrik Di Asia Tenggara, dan menyumbang Di 72 persen Di PDB kawasan, serta 82 persen Di populasinya. 

Maka Itu, Pembaruan Energi Hijau Di Negeri-Negeri ini Berencana berdampak besar Di kemampuan Kawasan Asia Tenggara Sebagai memenuhi tujuan pembangunan, Sustainability, serta secara Dunia Sebagai memenuhi tujuan Perjanjian Paris

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pemberdayaan Kreator Konten Bisa Pacu Proses Transisi Energi