Hasil Pemeriksaan Laboratorium Warga Kalsel Teler-Masuk RSJ: Negatif Zat Kecubung


Jakarta

Dinas Kesejaganan Kalimantan Selatan (Dinkes Kalsel) mengungkapkan tidak ada kandungan zat kecubung Ke semua korban teler yang dirawat Ke Fasilitas Medis Jiwa Sambang Lihum.

“Hasil pemeriksaan laboratorium tidak ada terkonfirmasi penggunaan kecubung Ke semua korban,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kalsel Abdul Chaliq Di Diskusi koordinasi tentang penyalahgunaan tanaman kecubung dan Terapi lainnya Ke Direktorat Reserse Narkotika Polda Kalsel, Banjarmasin, dikutip Di Di, Sabtu (20/7/2024).

Sebagaimana hasil pemeriksaan dan pengakuan Di para korban, ungkap Chaliq, mengkonsumsi Terapi putih tanpa merek dan dicampur Didalam Terapi-obatan lainnya. Chaliq menyebut Tindak Kejahatan tersebut terjadi secara sporadis atau tidak Ke satu lokasi Tetapi tersebar Ke sejumlah Daerah.


Di kesempatan terpisah, Psikiater konsultan adiksi RSJ Sambang Lihum, dr Firdaus Yamani SpKJ(K), mengatakan warga yang teler sampai Merasakan halusinasi tersebut mengonsumsi pil putih tanpa merek.

“Sebagian besar Di mereka mengatakan sebenarnya mereka tidak mengonsumsi buah kecubung secara langsung. Ternyata mereka mengonsumsi pil putih tanpa merek,” kata dr Firdaus Di konferensi pers daring Ikatan Praktisi Medis Indonesia (IDI), Jumat (19/7).

Berdasarkan informasi Di pasien, dr Firdaus mengatakan bahwa pil putih tanpa merek ini merupakan pil zenith jenis Mutakhir. Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama pihak kepolisian Di mengkaji soal ‘pil putih’ tanpa merek tersebut, tentang apa saja kandungan yang ada Ke dalamnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hasil Pemeriksaan Laboratorium Warga Kalsel Teler-Masuk RSJ: Negatif Zat Kecubung