Target Ngantor Ke IKN Meleset, Jokowi Sebut Hujan Bikin Pekerjaan Banyak yang Mundur

Ri Jokowi Mengadakan konferensi pers Ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur Sebelumnya melakukan lawatan Hingga Abu Dhabi, Selasa (16/7/2024). FOTO/MPI/RIYAN RIZKI ROSHALI

JAKARTA – Ri Joko Widodo ( Jokowi ) masih menunggu kesiapan infrastruktur Sebelumnya resmi berkantor Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Ke Juli 2024. Jika infrastruktur sudah siap, Jokowi memastikan Berencana berkantor Ke IKN .

“Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat Hingga IKN, tiap hari hujan terus, hujan deres banget Karena Itu memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa Di proyek besar,” kata Jokowi kepada wartawan, Selasa (16/7/2024).

Jokowi mengungkapkan IKN bukan dibangun dua atau tiga tahun, melainkan jangka panjang. “Ini sebuah mimpi besar, jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin Saja 15-20 tahun. Karena Itu jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah Karena Itu semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang Mutakhir menurut saya,” katanya.

Mantan Gubernur Jakarta itu menegaskan Di ini proyek IKN masih memerlukan investor Di Di maupun luar. “Itu yang Di kita kejar. Kalau pemerintah kan kewajiban Di gedung-gedung pemerintahan Istana Ri, Wakil Ri, dan Maka Itu 100% Di APBN,” katanya.

Sebelumnya, Pembantu Ri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Meramalkan Ri Jokowi bisa mulai berkantor Ke IKN Ke akhir Juli 2024. Pembantu Ri Basuki menjelaskan, hal itu lantaran masih cukup padatnya kunjungan kerja yang Berencana dilakukan Ri Jokowi Ke awal hingga pertengahan Juli ini. Ke Di sambil menyiapkan sarana dan prasarana dasar seperti listrik dan air Ke IKN.

“Nanti saya tanggal 18 Hingga sana (IKN), Sebab tanggal 15 saya Hingga Abu Dhabi bersama Ri, pulang tanggal 17, dan 18 Hingga sana (IKN) memastikan air, insyAllah sudah oke,” kata Basuki Ke Istana Bangsa, Rabu (11/7/2024).

Basuki mengatakan Ke 22 Juli mendatang, Ri Jokowi juga sudah Memperoleh jadwal Untuk berkunjung Hingga Papua Di rangka Hari Anak Nasional. Agar Setelahnya Di sana, kemungkinan Mutakhir Ri Hingga bisa mulai Hingga IKN. “Nanti kan Setelahnya tanggal 20, tanggal 22 Hingga Papua, hari anak, Setelahnya itu beliau Hingga sana (IKN),” sambungnya.

Plt Kepala Otorita IKN itu juga menambahkan, Disekitar 15 Juli 2024, air dan listrik sudah bisa digunakan Ke IKN. Paling tidak air sudah Masuk Hingga kantor Ri dan beberapa titik lain Untuk mendukung kelancaran upacara HUT Kemerdekaan Ke IKN.

“Kalau air iya, kalau sudah 15 commissioning, Setelahnya Itu 18 saya cek Untuk distribusinya,” kata Basuki.

Basuki juga menegaskan, Ri tidak batal Untuk berkantor Ke IKN sesuai Di Wacana Ke bulan Juli ini. Akan Tetapi memang masih menunggu kesiapan infrastruktur dasar seperti air dan listrik yang mulai masuk Ke pertengahan bulan Juli dan Setelahnya merampungkan beberapa agenda kunjungan kerja.

“Beliau (Ri) kan tidak bilang batal. Cuma bilang sudah/belum? gitu aja kan, yang namanya Juli kan ini masih tanggal 10, kalau air insyaAllah bisa masuk, tanggal 18 sudah bisa commissioning,” tutup Basuki.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Target Ngantor Ke IKN Meleset, Jokowi Sebut Hujan Bikin Pekerjaan Banyak yang Mundur