Bentuk Asosiasi Dai se-Asia Tenggara, MUI: Perkuat Persaudaraan Muslim

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Berencana menginisiasi pembentukan dai se-Asia Tenggara. Hal ini Untuk mengikat persaudaraan sesama muslim. Hal ini dikatakan Dari Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis.

Pembentukan asosiasi tersebut ditargetkan terbentuk Melewati forum Konferensi Ulama se-Asia Tenggara yang Berencana dihelat Ke 26-28 Juli 2024 Hingga Jakarta sebagai rangkaian agenda Milad Hingga-49 MUI.

KH Cholil Nafis menyampaikan, pembentukan asosiasi dai se-Asia Tenggara itu juga sebagai upaya penguatan dakwah dan keulamaan Hingga Asia Tenggara.

“Tentu kita Berencana mempertemukan para ulama dan dai, mengikat persaudaraan Bersama kuat. Kita membincangkan penguatan dakwah dan keulamaan Hingga Asosiasinegara-Negaraasiatenggara sekaligus kita membuat wadah atau asosiasi dakwah se-Asosiasinegara-Negaraasiatenggara,” kata Cholil dikutip Di laman resmi MUI, Minggu (14/7/2024).

Kiai Cholil menekankan, pembentukan Asosiasi Dai se-Asia Tenggara itu juga Untuk memperkuat ikatan keulamaan dan gerakan keumatan menjadi satu. Hal itu juga Di rangka memperkuat regional, ekonomi, ketahanan dan pemikiran.

Adapun para peserta yang telah mengkonfirmasi telah ada Di 10 Negeri. Sambil, satu lagi Negeri Asosiasinegara-Negaraasiatenggara yang hingga kini belum Memberi konfirmasi hanya Timor Leste.

Bersama Detail, MUI ingin menyatukan para dai se-Asia Tenggara bisa bersatu Hingga Di keberagaman. Sebab, umat Muslim Hingga Asia Tenggara ada yang menjadi mayoritas dan minoritas.

“Umat Muslim Hingga Asia Tenggara sangat beragam Sebab ada yang mayoritas, Justru ada Negeri Islam seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Tapi ada Muslim yang minoritas seperti Hingga Thailand, Kamboja, dan Vietnam,” ungkapnya.

Karenanya, kata Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah, Depok Jawa Barat ini, Asosiasi Dai se-Asia Tenggara itu bisa menyatukan persaudaraan sesama Muslim. “Insya Allah Di kegiatan pertemuan ulama tersebut mengundang se-Asosiasinegara-Negaraasiatenggara dan ulama Indonesia tingkat pusat sebanyak 100 orang,” tuturnya.

Diketahui Di forum pertemuan tersebut juga Berencana membincangkan mengenai Wasathiyatul Islam, penyebaran Islam Wasathiyah, penyamaan persepsi, dan mengharmoniskan gerakan dakwah yang konstruktif dan Keamanan Dunia Hingga Asosiasinegara-Negaraasiatenggara.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Bentuk Asosiasi Dai se-Asia Tenggara, MUI: Perkuat Persaudaraan Muslim