Bareskrim Tetapkan 2 Penyedia Produk Dugaan Pelaku Penyuapan Gerobak Kemendag

Bareskrim Polri menetapkan dua orang penyedia Produk dan jasa sebagai Dugaan Pelaku Peristiwa Pidana Penyuapan pengadaan gerobak dagang Di Kemendag Tahun Dana 2018-2019. Foto/SINDOnews/Bareskrim Polri

JAKARTABareskrim Polri menetapkan dua orang penyedia Produk dan jasa sebagai Dugaan Pelaku Peristiwa Pidana Penyuapan pengadaan gerobak dagang Di Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun Dana 2018-2019. Hal ini dikatakan Di Wakil Direktur Tindak Pidana Penyuapan (Wadirtipikor) Bareskrim, Kombes Pol Arief Adiharsa.

Kata Kombes Arief Adiharsa, kedua Dugaan Pelaku itu adalah Mashur dan Bambang Widianto. “Ditetapkan sebagai Dugaan Pelaku Untuk Pembuatan Peristiwa Pidana Sebelumnya Itu, Di mana mereka berperan sebagai pihak yang bersama-sama melakukan pidana Penyuapan, yaitu Untuk pihak penyedia,” kata Arief Di dikonfirmasi, Minggu (14/7/2024).

Sejatinya, penetapan Dugaan Pelaku ini sudah ditetapkan Di Juli 2023. Akan Tetapi, polisi Mutakhir mengungkapnya. “Tapi sebenarnya sudah lama ditetapkan. Tahun lalu Juli 2023,” ucap Arief.

Di sisi lain, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, keduanya merupakan penyedia Produk Untuk KSO Leader PT Piramjda Dimensi Milenia dan KSO PT Arjuna Putra Bangsa.

Berkas Peristiwa Pidana Dugaan Pelaku Mashur dan Bambang telah dilimpahkan Untuk kedua kalinya Di Kejaksaan Agung (Kejagung) Di Jumat, 12 Juli 2024.

“Mengirimkan kembali kedua berkas Peristiwa Pidana kepada JPU Kejagung RI Di tanggal 12 Juli 2024 sesuai Surat Kabareskrim Polri Untuk Dugaan Pelaku Bambang Widianto Nomor:B/304/VII/RES.3.1./2024/Bareskrim tanggal 11 Juli 2024 dan Untuk Dugaan Pelaku Mashur nomor : B/305/VII/RES.3.1./2024/Bareskrim tanggal 11 Juli 2024,” ujar Trunoyudo.

Trunoyudo tak membeberkan kapan berkas Peristiwa Pidana kedua Dugaan Pelaku dilimpahkan Di Kejagung Di tahap I. Dia hanya menyebut berkas tahap I itu dikembalikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejagung Untuk dilengkapi atau P-19 Di 29 Mei 2024.

Sebelumnya melimpahkan kembali, penyidik disebut telah melakukan langkah pemenuhan petunjuk JPU atau P-19 Yang Berhubungan Di kelengkapan formil dan kelengkapan materiil berkas Mashur. Trunoyudo menyebut penyidik melakukan pemeriksaan Pada saksi yang diminta JPU. Akan Tetapi, tak disebutkan sosok saksi dan hasil pemeriksaan Sebab materi penyidikan.

Sambil Itu Yang Berhubungan Di pemenuhan berkas Bambang penyidik menyita dua bidang tanah berikut sertifikat yang diduga sebagai hasil tindak pidana Penyuapan. Tanah itu seluas 18.658 m2 dan 18.115 m2. Di Itu, polisi juga menyita satu buah Kendaraan Pribadi Merk Ford, Type Ranger Double Cab 2,2L.

“Penyidik telah mengajukan izin penetapan Untuk Lembaga Proses Hukum Negeri Kubu Raya dan Lembaga Proses Hukum Negeri Pontianak,” kata Trunoyudo.

Trunoyudo menegaskan, penyidik dipastikan Akansegera terus berkoordinasi Di Kejagung, agar JPU segera menerbitkan P-21 atau berkas Peristiwa Pidana lengkap. Supaya, penyidik bisa melimpahkan Dugaan Pelaku Mashur dan Bambang serta Produk bukti Untuk disidang.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Bareskrim Tetapkan 2 Penyedia Produk Dugaan Pelaku Penyuapan Gerobak Kemendag