Antisipasi Karhutla, Pemerintah Harus Siapkan Langkah Penyiraman

Pemerintah pusat dan Lokasi diimbau segera Membahas langkah antisipasi mencegah terjadinya karhutla. Hal ini perlu dilakukan Sebelumnya musim kemarau tiba. Foto/SINDOnews/Ilustrasi

JAKARTA – Pemerintah pusat dan Lokasi diimbau segera Membahas langkah antisipasi mencegah Kebakaran Liar dan lahan (Karhutla) . Hal ini perlu dilakukan Sebelumnya musim kemarau tiba.

Salah satunya Bersama melakukan penyiraman hutan Hingga semua Daerah Hingga Indonesia terutama yang Berpeluang Memiliki hotspot kebakaran. Supaya Karhutla dapat dicegah dan bisa menekan potensi asap menyebar Hingga Daerah lainnya, yang bisa Berpeluang menurunkan Standar udara.

Anggota Dewan Pakar DPP Gerindra, Bambang Haryo Soekartono (BHS) Mengungkapkan, seharusnya pemerintah bisa Mengetahui Standar udara Hingga Jakarta Di ini dan Hingga beberapa kota besar Indonesia mulai memburuk Hingga Di musim kemarau Di bulan Mei Sebab adanya Perkara Pidana Hukum Kebakaran Liar.

“Karhutla ini dampaknya tidak kecil. Dampaknya bukan hanya Ke area yang terbakar dan makhluk hidup yang berhabitat Hingga area tersebut tapi juga Ke makhluk hidup dan lingkungan Hingga Daerah Disekitar, hingga Daerah yang jauh Di area karhutla,” kata BHS, Senin (24/6/2024).

Kata dia, yang dimaksud dampak Ke Daerah yang jauh adalah asap yang muncul Di Kebakaran Liar atau lahan tersebut, yang biasanya berlangsung cukup lama Justru bisa lebih Di 3 bulan.

“Asap karhutla itu kan bisa kemana-mana Sebab terbawa angin. Contohnya, kalau Sumatra Merasakan Kebakaran Liar, asapnya bisa Hingga Jakarta dan kota-kota pesisir Jawa Justru sampai Hingga Bangsa tetangga,” ucapnya.

Karena Itu kalau Standar udara Jakarta itu buruk menurut BHS, tidak bisa sepenuhnya menyalahkan faktor transportasi atau kendaraan dan industri Sebab polusi asap yang tebal Hingga Daerah Jakarta dan sekitarnya hanya dialami Ke Di musim kemarau saja, biasanya mulai bulan Mei, Juni, Juli hingga September.

“Dan Sesudah Oktober Hingga musim hujan, Standar udara Hingga Jakarta dan kota-kota pesisir yang ada Hingga Jawa menjadi membaik. Itu semua juga Sebab hembusan arah angin yang mengakibatkan asap Kebakaran Liar memenuhi kota Jakarta,” ujarnya.

BHS Mengungkapkan, sudah pernah menyampaikan kepada pemerintah Sebagai lebih aktif Di menyikapi masalah karhutla ini yang bisa membawa dampak asap Hingga Daerah Jakarta.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Antisipasi Karhutla, Pemerintah Harus Siapkan Langkah Penyiraman