Kasdi Subagyono Akui Bantu Nurul Ghufron Mutasi Pegawai Kementan Hingga Jatim

Mantan Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan), Kasdi Subagyono mengaku dirinya pernah membantu Pimpinan KPK, Nurul Ghufron Yang Terkait Di mutasi salah satu pegawai Kementan. Foto/SINDOnews/Nur Khabibi

JAKARTA – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan), Kasdi Subagyono mengaku dirinya pernah membantu Pimpinan KPK, Nurul Ghufron Yang Terkait Di mutasi salah satu pegawai Kementan. Di kesempatan tersebut, Kasdi menyebutkan pegawai yang dimaksud merupakan saudara Di Ghufron.

Hal itu Kasdi sampaikan Pada menjadi saksi mahkota Di sidang dugaan pemerasan dan gratifikasi Di lingkungan Kementan Di Terdakwa Mantan Pembantu Presiden Pembantu Presiden Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan mantan Direktur Alar dan Mesin Kementan, Muhammad Hatta.

Awalnya, Penasihat Hukum SYL, Djamaluddin Koedoeboen menanyakan saksi perihal pernah atau tidaknya Merasakan panggilan telepon Di pimpinan lembaga antirasuah. Kasdi mengaku pernah.

“Saudara saksi, tidak pernah Memperoleh telfon Di salah satu oknum pimpinan KPK?,” tanya Djamaluddin Di ruang sidang Lembaga Proses Hukum Tipikor Jakarta, Rabu (19/6/2024).

“Ya saya terima telepon, pernah, Di satu pimpinan KPK,” jawab Kasdi.

“Siapa itu?” tanya Djamaluddin lagi.

“Bapak Nurul Ghufron,” timpal Kasdi.

Djamaluddin Sesudah Itu menanyakan apa maksud Di Ghufron menelepon dirinya. Di ruang sidang, Kasdi menyebutkan tujuan Ghufron Pada itu Bagi membantu mutasi saudaranya Hingga Jawa Timur (Jatim).

“Beliau menelepon Yang Terkait Di apa itu?” tanya Djamaluddin.

“Yang Terkait Di Di permintaan Pemberian Bagi memindahkan saudaranya Di Inspektorat II Itjen Kementan Hingga Balai Pengkajian Ilmu Pengetahuan Petanian Jawa Timur,” jawab Kasdi.

Kasdi menjelaskan berdasarkan ingatannya peristiwa tersebut terjadi Di 2022 lalu. Ia pun Mengungkapkan permintaan Ghufron terealisasi.

“Terus? Berikutnya?” tanya Djamaluddin tentang kelanjutan permintaan Pemberian Di Ghufron.

“Ya Berikutnya terealisasi itu,” jawab Kasdi.

Diberitakan Sebelumnya Itu, Nurul Ghufron membeberkan duduk Peristiwa Pidana mutasi pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) yang menyeret dirinya Hingga sidang etik Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kasdi Subagyono Akui Bantu Nurul Ghufron Mutasi Pegawai Kementan Hingga Jatim