8 Konsumsi Pemicu Gula Darah Tinggi, Ada Roti Tawar-Kentang Goreng

Jakarta

Gula darah tinggi, atau yang disebut juga sebagai hiperglikemia, adalah Kebugaran ketika kadar gula Di darah Menimbulkan Kekhawatiran hingga Hingga atas batas normal. Kebugaran ini merupakan salah satu faktor yang dapat Meningkatkan risiko Gangguan kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Biasanya, batas normal kadar gula darah puasa normal Di orang dewasa berada Hingga angka 70-100 miligram/desiliter. Tetapi Di pengidap hiperglikemia, kadar gula darah bisa Menimbulkan Kekhawatiran jauh Hingga atas batasan tersebut.

Salah satu faktor yang bisa memicu kenaikan kadar gula darah adalah Konsumsi. Sebab, ada beberapa Konsumsi bisa memicu lonjakan gula darah secara signifikan, atau memengaruhi kinerja hormon insulin Di memecah gula darah menjadi sumber energi.


Karenanya, penting Untuk pengidap gula darah tinggi Untuk menghindari konsumsi Konsumsi-Konsumsi tersebut. Lantas, apa saja jenis Konsumsi yang Karena Itu pantangan Untuk gula darah tinggi? Dikutip Di berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Konsumsi Manis

Salah satu Konsumsi yang tentunya harus dihindari Dari pengidap gula darah tinggi adalah Konsumsi manis atau yang mengandung gula tinggi. Alasannya jelas, Lantaran Konsumsi tersebut dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang sangat signifikan.

Selain yang mengandung gula, hindari pula Konsumsi dan minuman yang ditambahkan pemanis buatan, termasuk Hingga antaranya camilan ringan, permen, minuman Asupan Konsumsi, dan minuman bersoda.

2. Olahan Daging

Olahan daging Memperoleh kandungan lemak jenuh dan garam yang sangat tinggi. Sejumlah Studi menemukan konsumsi Konsumsi yang tinggi lemak jenuh dan garam dapat Meningkatkan risiko berbagai Gangguan kronis, salah satunya diabetes tipe 2.

Karenanya, orang yang mengidap gula darah tinggi disarankan Untuk membatasi konsumsi Konsumsi olahan daging.

3. Nasi Putih

Nasi putih termasuk Hingga Di Konsumsi Bersama indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah indikator yang Menunjukkan seberapa cepat Konsumsi berkarbohidrat menyebabkan kenaikan gula darah. Lebihterus tinggi angkanya, Lebihterus cepat pula Konsumsi tersebut memicu lonjakan gula darah.

Selain bisa memicu lonjakan gula darah Bersama cepat, nasi juga mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memengaruhi kadar gula Di darah. Sebab, karbohidrat sederhana dapat dicerna Bersama cepat Dari tubuh. Hal ini membuat tubuh cepat merasa lapar, dan cenderung mengonsumsi Konsumsi tinggi karbohidrat dan gula Di waktu makan berikutnya Untuk mengembalikan energi.

4. Roti Tawar

Selain nasi putih, roti tawar juga menjadi salah satu Konsumsi yang perlu dibatasi Dari pengidap gula darah tinggi. Pasalnya, Konsumsi ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah Bersama sangat cepat.

Seperti halnya nasi, roti tawar juga Memperoleh indeks glikemik tinggi. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat sederhana Di roti tawar dapat dicerna Bersama mudah Dari tubuh, Agar bisa menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan.

5. Yogurt Tinggi Gula

Yogurt memang merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Tetapi, ada beberapa jenis yogurt yang ternyata tidak baik dikonsumsi Dari pengidap gula darah tinggi.

Pasalnya, beberapa merek yogurt menggunakan pemanis buatan atau perisa sintetik Untuk menambah cita rasanya. Karenanya, usahakan Untuk selalu memilih yogurt plain atau yang tidak ditambahkan gula serta pemanis lainnya.

6. Kentang Goreng

Meski tidak mengandung gula, kentang goreng juga termasuk pantangan Untuk pengidap gula darah tinggi. Pasalnya, kentang Memperoleh karbohidrat dan indeks glikemik tinggi, Agar dapat memengaruhi kadar gula darah.

Samping Itu, kentang goreng juga mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat Meningkatkan risiko obesitas. Beberapa Studi Menunjukkan orang yang Merasakan obesitas Memperoleh risiko berkali-kali lipat lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

7. Dressing Salad

Pengidap gula darah tinggi juga harus berhati-hati Di memilih dressing Untuk salad. Sebab, beberapa saus dressing mengandung natrium, karbohidrat, lemak, dan kalori tinggi yang bisa berdampak Di kadar gula darah dan Kesejaganan.

Sebagai gantinya, pilihlah saus salad berbahan dasar Migas zaitun, Migas alpukat, atau Migas nabati lainnya sebagai alternatif yang lebih menyehatkan.

8. Buah Kering

Buah kering sebenarnya camilan yang cukup menyehatkan. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, buah kering bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang sangat signifikan.

Ketika buah Melewati proses pengeringan, kandungan kalori dan gula yang ada Hingga dalamnya menjadi lebih padat. Karenanya, buah kering bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih besar dibandingkan mengonsumsi buah segar Di porsi yang sama.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Konsumsi Pemicu Gula Darah Tinggi, Ada Roti Tawar-Kentang Goreng