TNI Tembak Dua Anggota OPM, Salah Satunya Pembelot Prada Danis Murib

Danis Murib merupakan seorang desertir atau pembelot TNI yang berpangkat Prajurit Dua (Prada). Foto/Istimewa

JAKARTAPasukan TNI terus melakukan pengejaran anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) Di bawah komando Undius Kogoya yang telah membunuh dan membakar seorang warga sipil bernama Rusli (40). Peristiwa ini terjadi Di Daerah Distrik Paniai Timur, beberapa waktu lalu.

Komandan Satgas Media Koops Habema, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, kelompok OPM melarikan diri Hingga Distrik Bibida yang lokasinya bersebelahan Untuk Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

“Operasi pengejaran TNI berlanjut Di Prestasi merebut Daerah Distrik Bibida, yang Pada ini dikuasai Dari OPM, Di hari Jumat, 14 Juni 2024,” kata Yogi, Senin (17/6/2024).

Prestasi Persaingan Daerah Bibida, rupanya tidak menyurutkan niat OPM Sebagai terus mengganggu Keselamatan serta situasi kondusif Di Daerah Bibida.

Di keadaan itu, para tokoh Komunitas yang mewakili suara para warga Bibida menyampaikan dukungannya Di Operasi Pengejaran dan Penindakan kepada OPM.

Alhasil, Panglima Komando Gabungan Daerah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon, memerintahkan Panglima Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus, Sebagai melanjutkan Operasi Pengejaran Di Senin, 17 Juni 2024.

“Alhasil, Operasi tersebut membuahkan hasil dan Prajurit TNI berhasil menembak 2 orang OPM, salah satunya terkonfirmasi beridentitas Danis Murib, pasca kontak tembak,” tutur Yogi.

Diketahui, Danis Murib merupakan seorang desertir atau pembelot TNI yang berpangkat Prajurit Dua (Prada). Danis merupakan anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang Ditengah melaksanakan tugas operasi militer Di Papua.

Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha Di meninggalkan Pos Moanemani Mutakhir Di Daerah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Ditengah, Di tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT lalu.

Di Di Yang Sama, Panglima Komando Gabungan Daerah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, Prestasi pihaknya melumpuhkan Danis telah Menunjukkan profesionalisme Prajurit TNI Untuk menembak Di ujung laras, Agar tidak salah sasaran.

Lebih Jelas, ia berkata, Prestasi melumpuhkan Danis juga telah menambah deretan nama tokoh OPM yang telah mati dan Memangkas kekuatan personel OPM.

“Prestasi Prajurit TNI menembak dua orang OPM, salah satunya Desertir Danis Murib, Di Bibida, telah mereduksi kekuatan OPM yang tentunya berdampak positif menjaga stabilitas Keselamatan Bagi kelancaran proses percepatan pembangunan Di Papua,” ucap Richard.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: TNI Tembak Dua Anggota OPM, Salah Satunya Pembelot Prada Danis Murib