Kominfo Sebut Pentingnya Menanam Nilai Pancasila Untuk Berbudaya Digital

Dewan Pengarah Siberkreasi Yosi Mokalu Untuk webinar Obral Obrol Digital bertema Bulan Juni Bulan Pancasila, Apa Itu Kearifan Lokal Global Digital yang digelar secara daring Ke Sabtu 15 Juni 2024. Foto/Istimewa

JAKARTA – Bulan Juni dikenal sebagai bulan Pancasila. Hingga bulan tersebut Indonesia memeringati hari lahirnya Pancasila tepatnya Ke 1 Juni.

Pancasila merupakan 5 prinsip dasar ideologi dan moral bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, implementasi nilai Pancasila juga perlu disesuaikan Bersama perkembangan Keahlian dan Konversi Digital yang sangat pesat.

Contoh nyata nilai Pancasila tidak tertanam Pada beraktivitas Hingga dunia digital adalah adanya tindak kejahatan yang melibatkan digital sebagai medianya seperti judi online, Mengelabui Orang Lain, dan sebagainya.

Sebagai mengingatkan kembali prinsip dan norma yang terkandung Untuk Pancasila Di Komunitas Untuk beraktivitas Hingga dunia digital, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Melakukan webinar Obral Obrol Digital bertema “Bulan Juni Bulan Pancasila, Apa Itu Kearifan Lokal Global Digital” yang digelar secara daring Ke Sabtu 15 Juni 2024.

Jika dilihat Untuk proses terbentuknya, Pancasila merupakan produk dasar Negeri yang dibentuk Dari para pendiri bangsa. Memaknai sejarah terbentuknya Pancasila menjadi salah satu cara Sebagai dapat menanamkan prinsip dan norma Pancasila Hingga Untuk diri Komunitas Untuk kehidupan sehari-hari.

“Pancasila Memiliki prinsip yang kalau diterapkan Memiliki manfaat yang sangat besar Untuk kita-kita sebagai anggota Untuk bangsa ini,” ujar Dewan Pengarah SiberkreasiYosi Mokalu, yang menjadi salah satu pembicara Untuk webinar tersebut.

Pendiri Historia Indonesia Asep Kambali menyebut Pancasila adalah aturan main setiap Komunitas Untuk konteks kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk Pada beraktivitas Hingga dunia digital.

“Kita Hingga Untuk hidup ini diatur Bersama Pancasila dan Pancasila ini prinsip paling atas ideologi Negeri. Dia adalah acuan Untuk hidup. Sumber Untuk segala sumber hidup kita,” ujar Asep, Senin (17/6/2024).

Seiring perkembangan Keahlian, ruang lingkup kehidupan manusia Lebihterus luas. Kapan saja, semua orang dapat berinteraksi Bersama orang lain baik lokal, maupun mancanegara.

Bersama menanamkan nilai dan prinsip Pancasila Untuk berbudaya digital, Komunitas Indonesia berarti menunjukan jati diri bangsa kepada seluruh dunia.

“Hal ini tentunya menjadi cita-cita para pendiri bangsa terdahulu yang ingin Indonesia dihormati, disegani dan bermatabat Hingga mata dunia,” paparnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kominfo Sebut Pentingnya Menanam Nilai Pancasila Untuk Berbudaya Digital