Bisnis  

Infrastruktur yang Masif Kunci Optimalisasi Gas Domestik

Produksi gas yang melimpah Di Pulau Jawa diharapkan menjadi game changer transisi energi nasional. foto: istimewa

JAKARTA – Produksi gas yang melimpah Di Pulau Jawa diharapkan menjadi game changer transisi energi nasional. Di penggunaan gas yang masif, diproyeksikan industri Pabrik dan nonmanufaktur Di Jawa Berencana berkembang lebih pesat. Malahan, gas bumi bisa digunakan Untuk pemenuhan kebutuhan energi Rumah tangga.

baca juga: Langkah SKK Migas-Petrochina Genjot Pendalaman Peroleh Pemberian

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi ( SKK Migas ) terus mengupayakan agar pemanfaatan gas bumi Di Indonesia dapat terserap secara optimal. Salah satunya Melewati pembangunan infrastruktur yang masif.

“Di infrastruktur yang lebih baik diharapkan Berencana ada diskusi yang dilanjutkan kerjasama Antara sektor hulu migas dan industri User gas,” ujar Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas Kurnia Chairi, Di Jakarta, Jumat (14/6/2024) .

Dia menyebutkan, belum terpenuhinya kebutuhan gas bumi Di area Jawa Barat dikarenakan menurunnya pasokan gas Untuk Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Di sisi lain, terdapat ekses pasokan gas bumi Di area Jawa Timur dan Jawa Ditengah Sebab belum optimalnya serapan.

Karenanya, Untuk mengoptimalkan serapan domestik diperlukan pembangunan infrastruktur pipa gas yang belum tersambung Di antaranya Dumai – Sei Mangke, Cirebon – Semarang, dan West Natuna Transportation System (WNTS) Di Batam (Pulau Pemping).

“Di tersedianya infrastruktur pendukung dan alternatif pembeli, Berencana Menyediakan kepastian Untuk investor Hulu Migas,” kata Kurnia Chairi.

baca juga: SKK Migas Luncurkan Perkembangan Ilmu Pengetahuan SPEKTRUM Di Pre IOG SCM Summit 2024

Di Itu, Di tersedianya infrastruktur pendukung diharapkan dapat Membuat pasar gas dan perekonomian sepanjang jalur pipa.

Kepala Divisi Komersialisasi Migas dan Gas Bumi SKK Migas Rayendra Sidik menambahkan, data yang sudah dikumpulkan ada potensi yang besar Pada ini Untuk elpiji diproduksi Di Untuk negeri Di memanfaatkan gas domestik. Di mengoptimalkan berbagai langkah strategis termasuk Pembaruan infrastruktur, penggunaan gas bisa dioptimalkan termasuk Untuk konsumsi Rumah tangga.

“Pasokan gas Untuk Jawa Timur sudah siap dialirkan Di Jawa Barat. Jika ada industri Pabrik yang Berencana beralih menggunakan energi rendah emisi, industri gas nasional siap menyediakan pasokan,” tegasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Infrastruktur yang Masif Kunci Optimalisasi Gas Domestik