Bisnis  

Kurs Matauang Nasional Tembus Rp16.450 per USD Sudah Mengkhawatirkan, Saatnya Banksentral Bergerak Cepat

Pengamat pasar Kurs Matauang mengingatkan, Situasi Kurs Mata Uang Kurs Matauang Nasional Di Matauang Asing Amerika Serikat (USD) sudah mengkhawatirkan usai tembus Rp16.412 per Matauang Asing AS. Foto/Dok

JAKARTAKurs Mata Uang Kurs Matauang Nasional Di Matauang Asing Amerika Serikat (USD) terus melemah Ke sepekan perdagangan periode 10-14 Juni 2024. Mengutip data Bloomberg, Sabtu (15/6/2024), Kurs Matauang Nasional spot pekan ini ditutup Ke level Rp16.412 per Matauang Asing AS. Untuk sepekan Kurs Matauang Nasional melemah 1,33% dan melemah Di 0,87% secara harian.

Sambil Itu, kurs Kurs Matauang Nasional menurut Jisdor Bank Indonesia (Banksentral) ditutup Ke level Rp16.374 per Matauang Asing AS, Jumat (14/6). Secara mingguan, Kurs Matauang Nasional terpantau turun 0,96% dan melemah Di 0,54% secara harian.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, level Kurs Matauang Nasional yang telah melewati batas Rp16.450 per Matauang Asing AS Disorot sudah mengkhawatirkan dan Banksentral diminta Sebagai menstabilkan mata uangnya.

“Berarti Banksentral itu harus menstabilkan mata uangnya Bersama cara Meningkatkan suku bunga , Sebab ini kan ada tambahan (sentimen) Konflik Bersenjata dagang sebenarnya,” ungkap Ibrahim kepada MNC Portal, Sabtu (15/6/2024).

Menurut Ibrahim, jika Banksentral tidak bertindak cepat, bisa saja Kurs Matauang Nasional menyentuh hingga Rp16.500 per Matauang Asing AS Ke pekan Didepan Sebab sentimen Dunia lain seperti Pengatur Moneter Amerika yang kembali mempertahankan suku bunga hingga langkanya BBM.

Sebagai Kurs Matauang Nasional Ke awal pekan Didepan juga diproyeksi Akansegera minim pergerakan seiring pasar keuangan libur Sebab adanya libur Idul Adha. Ke Di pekan Kurs Matauang Nasional Akansegera menantikan rilis neraca perdagangan yang diperkirakan Akansegera menyusut Karena Itu USD1 miliar, Supaya menjadi sentimen negatif.

Setelahnya itu, mata investor Akansegera tertuju Ke Diskusi Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG Banksentral) yang diperkirakan masih mempertahankan suku bunga acuan atau Banksentral Rate Ke level 6,25 persen Ke 19-20 Juni 2024.

Bersama adanya pertimbangan tersebut, Ibrahim Meramalkan Kurs Matauang Kurs Matauang Nasional Sebagai perdagangan berikutnya bergerak fluktuatif, Akan Tetapi kembali ditutup melemah Ke rentang Rp16.400 – Rp16.470 per Matauang Asing AS.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kurs Matauang Nasional Tembus Rp16.450 per USD Sudah Mengkhawatirkan, Saatnya Banksentral Bergerak Cepat