Bisnis  

Rusia Balas Pembatasan Mutakhir AS, Putin Bekukan Usd dan Euro Ke Bursa Moskow

Moscow Exchange (MOEX) resmi membekukan perdagangan Usd dan euro. Langkah tersebut sebagai balasan atas Pembatasan Mutakhir Barat. FOTO/TASS

JAKARTA – Moscow Exchange (MOEX) resmi menangguhkan perdagangan Usd dan euro. Langkah tersebut sebagai balasan atas Pembatasan Mutakhir yang diumumkan Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS).

Pembekuan ini mempengaruhi perdagangan Kurs Matauang Asing dan logam mulia serta perdagangan saham dan uang Ke pasar perdagangan publik terbesar Ke Rusia. Bursa Moskow memastikan kecuali Usd dan euro hingga seuruh instrumen keuangan lainnya tetap beroperasi.

“Pasar derivatif juga tidak terpengaruh Di perubahan ini. Perdagangan berlangsung seperti biasa,” terang MOEX Melewati pernyataan resminya dikutip Untuk Russian Today, Kamis (13/6/2024).

Lembaga Keuanganpusat Rusia menguraikan masalah ini Untuk sebuah pernyataan terpisah, yang Berkata bahwa transaksi Untuk Usd AS dan euro Berencana terus berlanjut Ke pasar bebas.

“Sebagai menetapkan Nilai Mata Uang, Lembaga Keuanganpusat Rusia Berencana menggunakan catatan bank dan informasi Untuk platform perdagangan bebas digital,” jelas regulator.

Departemen Keuangan AS Ke Rabu (13/6/2024) Melakukan paket Pembatasan Mutakhir Pada Rusia, yang menargetkan infrastruktur keuangan dasar Negeri tersebut. Pada Memperkenalkan paket tersebut, Pembantu Presiden Pembantu Presiden Keuangan AS Janet Yellen mengklaim Rusia telah sepenuhnya bertransisi menjadi ekonomi Konflik Bersenjata dan sekarang sangat terisolasi Untuk sistem keuangan internasional.

“Tindakan hari ini menyerang jalan yang tersisa Untuk mereka Sebagai Merasakan material dan peralatan internasional, termasuk ketergantungan mereka Ke pasokan penting Untuk Negeri ketiga,” tegas Yellen.

Selain MOEX, paket Pembatasan ini juga menyasar dua anak perusahaannya, yaitu National Clearing Center (NCC) dan National Settlement Depository (NSD). Penangguhan perdagangan Usd dan euro Ke platform ini, yang telah berkembang pesat akhir-akhir ini, mulai berlaku Ke hari Kamis.

MOEX melaporkan bahwa Kegiatan investor swasta mencapai Pencapaian tertinggi sepanjang masa Ke bulan Februari Di total 4,1 juta orang yang melakukan transaksi Ke platform ini. Bulan lalu, total volume perdagangan Ke seluruh pasar platform ini mencapai 126,7 triliun rubel atau USD1,4 triliun Meresahkan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 94,2 triliun rubel atau Disekitar USD1 triliun.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Rusia Balas Pembatasan Mutakhir AS, Putin Bekukan Usd dan Euro Ke Bursa Moskow