Bisnis  

Dukung Pencapaian Target NZE 2060, PHE Kembangkan Potensi CCS-CCUS

Diskusi bertajuk Peran Perusahaan Ekstraktif Untuk Memelihara Kesejaganan Lingkungan yang diselenggarakan Di Selasa (11/6/2024). FOTO/Ist

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menjalankan inisiatif strategis dekarbonisasi Usaha serta Pembuatan Usaha Terbaru Lewat carbon capture storage dan carbon capture utilization and storage (ccs/CCUS) yang terintegrasi. Langkah itu menjadi Pemberian nyata PHE Untuk pencapaian target Net Zero Emission (NZE) Di 2060 atau lebih awal.

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary PHE Arya Dwi Paramita Untuk diskusi bertajuk “Peran Perusahaan Ekstraktif Untuk Memelihara Kesejaganan Lingkungan”. Menurut Arya, inisiatif dekarbonisasi telah dilakukan PHE Di 26 September 2023 Di IDX Mengeluarkan Bursa Karbon yang diresmikan langsung Dari Pemimpin Negara Joko Widodo. PHE mencatatkan transaksi perdana Untuk perdagangan karbon kredit dimana PHE sebagai pelaku industri hulu migas pertama yang menjadi Pada Untuk Bursa Karbon.

Menurut dia, PHE Memiliki inisiatif dekarbonisasi Antara lain efisiensi energi yang hingga Di ini berkontribusi sebesar 51% Untuk Inisiatif dekarbonisasi, flare gas reduction/utilization yang berkontribusi sebesar 26% Untuk Inisiatif dekarbonisasi PHE, penggunaan biodiesel B30/B35 Di armada kapal yang berkontribusi sebesar 10% dan instalasi solar panel sebagai Pada Untuk inisiatif low carbon power yang berkontribusi sebesar 2%.

“Dekarbonisasi Usaha ini adalah menjalankan efisiensi energi, loss reduction dan lain sebagainya. Dan juga adanya akselerasi green Usaha ini menjadi salah satu upaya mewujudkan dekarbonisasi Di Usaha energi yang Di ini Untuk dilaksanakan,” ujarnya.

Arya menambahkan, Di 31 Desember 2023 terdapat capaian yang positif, Di mana PHE berada Di medium risk Untuk kelompok yang rendah Untuk Usaha hulu migas yang karakternya sangat tinggi risiko dan berkaitan langsung Di karbon. “PHE sudah Di angka 21,5 dan ini tidak mudah dicapai Dari perusahaan yang bergerak Di sektor hulu migas,” tegasnya.

Arya menuturkan, capaian ini tidak lepas Untuk Pemberian seluruh pihak yang terait, seperti kementerian dan lembaga, juga perusahaan-perusahaan mitra. “Ini adalah collaborative action. Dan kita juga Memperoleh 12 PROPER Emas Di diikuti PROPER Hijau dan PROPER Biru,” tambahnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Dukung Pencapaian Target NZE 2060, PHE Kembangkan Potensi CCS-CCUS