Bisnis  

Pertamina Jalankan Amanah Kelola Energi Hingga Pelosok Indonesia Di 2023

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati Di Menyediakan pemaparan Di Diskusi Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertamina Di Lantai 21 Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (10/06/2024). (Foto: dok Pertamina)

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) sukses menjalankan perannya sebagai BUMN energi. Hal ini tercermin Didalam tercapainya target produksi energi hingga pendistribusiannya Hingga konsumen seluruh Indonesia. Hal tersebut termasuk distribusi BBM dan LPG Pertamina yang hingga akhir 2023 telah mencapai 98 persen Daerah Indonesia Lewat Langkah BBM 1 Harga, One Village One Outlet (OVOO), dan Pertashop.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan, mandat Pertamina sebagai BUMN energi adalah menjaga ketahanan energi nasional, termasuk menyediakan energi Untuk kebutuhan Indonesia. Hal ini dilaksanakan Lewat pengelolaan energi Didalam prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability, dan sustainability.

“Menjalankan peran ini, Pertamina fokus Untuk operasional bisnisnya yang terintegrasi mulai Didalam hulu migas, penyaluran Didalam berbagai moda transportasi, pemrosesan hingga akhirnya produk Pertamina dapat memenuhi kebutuhan konsumen, baik Sebagai industri, komersil, maupun Kelompok dan Rumah tangga. Pertamina juga Memiliki beberapa penugasan Didalam Pemerintah supaya keadilan energi bisa terlaksana,” jelas Nicke usai Diskusi Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Perseroan Tahun Literatur 2023, yang dilaksanakan Di Kementerian BUMN, Jakarta, 10 Juni 2024.

Didalam sisi ketersediaan (availability), produk hulu Pertamina menjadi tulang punggung energi nasional. Lifting Energi Pertamina berkontribusi Di 69 persen Energi mentah nasional, sedangkan lifting gas Pertamina mencakup 34 persen Didalam total gas nasional. Sambil Didalam sisi pengolahan kilang, produk bahan bakar bermotor (BBM) nasional dapat memenuhi 70 persen kebutuhan BBM nasional, kecuali produk diesel dan avtur yang telah disuplai sepenuhnya atau 100 persen Didalam kilang-kilang Pertamina.

PT Pertamina (Persero) Melakukan Diskusi Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Di Kementerian BUMN, Jakarta, Di Rabu (10/06/2024). RUPS dihadiri jajaran direksi dan komisaris Pertamina dan perwakilan Kementerian BUMN sebagai Pemegang Saham. (Foto: dok Pertamina)

Nicke menambahkan, upaya peningkatan migas terus dilakukan, termasuk akusisi dan ekspansi.

“Upaya peningkatan migas terus dilakukan, termasuk akuisisi dan ekspansi migas Hingga mancanegara, serta produk-produk kilang Didalam penyelesaian proyek kilang,” tuturnya.

Sambil Didalam sisi tersedianya akses (accessibility) dan kemampuan daya beli (affordability), Pertamina berkomitmen Meningkatkan jangkauan pasokan energi hingga Hingga pelosok negeri. Di 2023, Pertamina telah menambah outlet penjualan produk berkualitas hingga Hingga desa-desa, seperti Langkah BBM 1 Harga, Pertashop dan OVOO.

Di akhir 2023, 98 persen desa Di Indonesia telah Memiliki OVOO sebagai outlet penjualan produk Pertamina. Pertamina juga telah menambah 89 lokasi BBM 1 Harga Di 2023, Supaya total BBM 1 Harga mencapai 502 lokasi Di seluruh Indonesia.

Accessibility juga dilakukan upaya distribusi produk-produk Pertamina Lewat berbagai moda transportasi. Pertamina Lewat subholding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping mengoperasikan 784 kapal (milik dan sewa). Kapal ini telah berlayar Di berbagai rute domestik hingga pelosok nusantara, serta 50 rute internasional.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pertamina Jalankan Amanah Kelola Energi Hingga Pelosok Indonesia Di 2023