Lembaga Legis Latif Imbau Kandidat Jemaah Haji Ilegal Pulang Hingga Indonesia

Ketua Komisi VIII Lembaga Legis Latif Ashabul Kahfi mengungkapkan kekhawatirannya atas banyaknya CJH yang memaksakan diri berhaji Di visa nonhaji, seperti visa ziarah dan visa umrah. Foto/MCH 2024

JAKARTA – Lembaga Legis Latif meminta kepada Kandidat jemaah haji (CJH) ilegal yang nekat berangkat haji menggunakan visa nonhaji segera kembali Hingga Indonesia. Imbauan itu muncul sebagai Pemberian kepada pemerintah Arab Saudi yang menerapkan aturan Sebagai menertibkan jemaah haji ilegal.

Ketua Komisi VIII Lembaga Legis Latif Ashabul Kahfi mengungkapkan kekhawatirannya atas banyaknya CJH yang memaksakan diri berhaji Di visa nonhaji, seperti visa ziarah dan visa umrah. Pasalnya, Pembatasan yang dijatuhkan sangat berat termasuk deportasi, denda 10.000 Riyal, dan cekal Di 10 tahun.

“Di prinsipnya, kami mendukung dan mengapresiasi upaya pemerintah Arab Saudi Di menertibkan jemaah haji yang tidak menggunakan visa haji yang sesuai,” ujar Ashabul Kahfi Di tiba Hingga Bandara Jeddah, Sabtu 8 Juni 2024 waktu Arab Saudi.

Kahfi mengimbau CJH yang nekat menggunakan visa nonhaji Sebagai segera kembali Hingga Indonesia. Dia menegaskan apabila memaksakan diri berhaji Di visa nonhaji Berencana berakibat fatal, Sebab CJH Berencana Memperoleh Pembatasan Di pemerintah Arab Saudi.

“Sebenarnya, CJH ini lebih menjadi korban Di pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan mereka Di menjanjikan ibadah haji,” jelas Kahfi.

Di Detail, Kahfi menjelaskan tahun ini pemerintah Arab Saudi memperketat kontrol Pada CJH yang masuk Hingga Mekkah. Hal ini dilakukan Sebagai mencegah lonjakan jemaah haji yang melebihi kapasitas, yang dapat mengganggu Perlindungan dan kelancaran ibadah haji.

“Tahun ini sudah sangat sulit masuk Hingga Mekkah. Kalau jemaah haji over kapasitas, itu Berencana mengganggu Perlindungan dan ketertiban, Justru membahayakan jemaah lain,” tegas Kahfi.

Upaya Penanganan dan Solusi

Kahfi Berkata dukungannya Pada langkah tegas pemerintah Arab Saudi Di menertibkan jemaah haji ilegal Hingga Mekkah, Jeddah, dan Madinah. Dia juga menekankan perlunya solusi jangka panjang Sebagai mengatasi masalah haji ilegal.

“Sesudah haji kami Berencana mengundang Kemenag, Duta Besar Arab, dan lainnya Sebagai membicarakan solusi,” katanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Lembaga Legis Latif Imbau Kandidat Jemaah Haji Ilegal Pulang Hingga Indonesia