Profil R Soeprapto, Mantan Jaksa Agung Bergelar Bapak Kejaksaan

Jaksa Agung Di-4 yang menjabat Ke periode 1951-1959, R Soeprapto. FOTO/WIKIPEDIA

JAKARTA – Mendengar nama R Soeprapto , Untuk sebagian orang Bisa Jadi masih terdengar Asing. Ia adalah Jaksa Agung Di-4 yang menjabat periode 1951-1959.

Pada aktif menjadi Jaksa Agung, Soeprapto Di sepak terjangnya dikenal sebagai sosok yang tegas Pada penegakan hukum. Sikap ini menjadikannya tak disenangi sejumlah pihak Pada Kejaksaan Di melakukan penyelidikan.

Lebih jauh seperti apa sebenarnya sosok R Soeprapto ini? Berikut ulasan profilnya:

Profil R Soeprapto

R Soeprapto merupakan Jaksa Agung periode 1951-1959. Masa tugas yang mencapai Di delapan tahun membuatnya menjadi salah satu nama Jaksa Agung Bersama jabatan terlama Di sejarah.

Ke riwayatnya, Soeprapto lahir Ke 27 Maret 1897. Awal kariernya dimulai Bersama menjadi hakim Ke sejumlah Area.

Seiring waktu, karier Soeprapto Ke bidang hukum terus melesat. Sempat menjadi hakim anggota Mahkamah Agung, ia Lalu ia ditunjuk menjadi Jaksa Agung.

Penunjukan Soeprapto sebagai Jaksa Agung dilakukan Ke Desember 1950. Ia pun bertugas hingga 1959.

Pada awal menjadi Jaksa Agung, Soeprapto dihadapkan Ke Kepuasan yang cukup sulit. Waktu itu, Bangsa Di dirongrong Bersama berbagai kemelut politik dan ketidakstabilan pemerintahan.

Mengutip laman Kejari Grobogan, Kamis (6/6/2024), Jaksa Agung Soeprapto banyak melakukan penanganan dan penyelesaian Pada berbagai Perkara Hukum penting. Ke antaranya seperti Angkatan Pertempuran Ratu Adil (APRA), Sultan Hamid, Andi Aziz-RMS, Jungschlaeger, Schmidt, dan lainnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Profil R Soeprapto, Mantan Jaksa Agung Bergelar Bapak Kejaksaan