Bisnis  

BRI Apresiasi 40 Desa Terpilih Hingga Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengapresiasi 40 desa terpilih yang mengikuti Inisiatif Desa BRILiaN Batch 1 2024. (Foto: dok BRI)

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Pusat Eksperimen Pedesaan dan Pembuatan (Puslitdesbangda) Lembaga Eksperimen dan Pengabdian kepada Kelompok (LPPM) Universitas Sebelas Maret melaksanakan rangkaian Inisiatif Desa BRILiaN Batch 1 2024.

Agenda Inaugurasi yang diselenggarakan Di Selasa (4/6/2024) merupakan salah satu tahapan Bersama rangkaian Inisiatif Desa BRILiaN Batch 1 2024 yang diawali kegiatan Kick Off Meeting, Senin (22/4/2024), Sesudah Itu dilanjutkan tahapan kedua, yaitu pelatihan Pada satu bulan.

Senior Executive Vice President (SEVP) Usaha Ultra Mikro BRI M Candra Utama mengatakan, Pada rangkaian Inisiatif Desa BRILiaN Batch 1 2024, keseluruhan peserta desa Merasakan berbagai pelatihan yang diberikan BRI Untuk rangka Merangsang Pembuatan potensi yang ada Hingga desa. Pelatihan tersebut, Hingga antaranya leadership dan penguasaan kompetensi, kelembagaan desa dan BUMDes, entrepreneurship, Pembaharuan desa, Konversi Digital desa, Cara komunikasi, serta materi tematik sesuai kebutuhan.

“Pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan Dari setiap desa Bagi Membuat potensi Untuk rangka menjawab permasalahan dan tantangan yang ada Hingga desa,” katanya.

Ditemui dalamInaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024 Hingga Jakarta Di Selasa (4/6/2024) Candra berterima kasih kepada seluruh peserta dan pihak yang terlibat Untuk rangkaian pelatihan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan para pihak yang terlibat, Agar seluruh rangkaian pelatihan Desa BRILiaN Batch 1 dapat berjalan Bersama lancar. Kami berharap, pendampingan tersebut dapat dimanfaatkan Dari setiap desa Bagi Membuat potensi Untuk rangka menjawab permasalahan dan tantangan yang ada Hingga desa,” tuturnya.

Lanjutnya, Bersama 40 desa yang Merasakan apresiasi Bersama BRI telah terpilih 15 desa nantinya Akansegera diberikan pendampingan langsung Dari BRI bersama Pusat Eksperimen Pedesaan dan Pembuatan (Puslitdesbangda) Lembaga Eksperimen dan Pengabdian kepada Kelompok (LPPM) Universitas Sebelas Maret.

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) 2023, tercatat Bersama total 74.424 desa Hingga Indonesia, hanya 46 persen desa yang masuk Untuk kategori maju dan mandiri. Melihat Kebugaran tersebut, BRI Membahas peran Untuk Untuk Merangsang Pembuatan desa Melewati Inisiatif Desa BRILiaN.

Inisiatif ini merupakan Inisiatif pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model Untuk Pembuatan desa Melewati implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul, serta semangat kolaborasi Bagi mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals.

Sebelum dijalankan Di 2020, Inisiatif Desa BRILiaN telah diikuti lebih Bersama 3.000 desa yang aktif tergerak berinisiatif dan berkomitmen Bagi maju Melewati Inisiatif-Inisiatif yang telah direncanakan. Desa BRILiaN Membuat empat aspek yang terdapat Untuk desa. Pertama, BUMDes sebagai Kendaraan Bermotor Roda Dua ekonomi desa. Kedua, Konversi Digital, implementasi produk dan Kegiatan digital Hingga desa. Ketiga, sustainability, tangguh, dan secara continue Untuk membangun desa. Keempat, innovation, kreatif Untuk menciptakan Pembaharuan.

“Inisiatif pemberdayaan Desa BRILiaN ini merupakan wujud nyata BRI yang terus berkomitmen Bagi Memperbaiki economic dan social value kepada Kelompok. Semoga dapat Menyediakan kontribusi nyata dan positif Bagi kebangkitan Ekonomi Kelompok Desa,” ujar Candra.

Dia menambahkan, Untuk Inisiatif ini dilakukan pula penguatan ekosistem ekonomi desa yang didukung Bersama Inisiatif penguatan kelompok-kelompok (klaster) Usaha Mikro Bersama nama Klasterkuidupku, Hingga mana BRI mengidentifikasi keperluan pemberdayaan, baik pelatihan usaha maupun Dukungan sarana prasarana yang diberikan secara selektif.

Guna mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil, BRI juga turut Membuat platform pemberdayaan linkumkm.id Bagi Merangsang dan memfasilitasi Usaha Mikro Kecil naik kelas. Tidak Cuma Itu, seluruh produk layanan BRI dapat dimanfaatkan Dari desa dan BUMDes, seperti AgenBRILink, Stroberi, QRIS, dan lainnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: BRI Apresiasi 40 Desa Terpilih Hingga Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024