Wapres Ma’ruf Amin Luncurkan Ide Induk Percepatan Pembangunan Papua

Wapres Maruf Amin Mengeluarkan Ide Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP) Hingga Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (7/6/2024). FOTO/SETWAPRES

SORONG – Wakil Kepala Negara ( Wapres ) Ma’ruf Amin Mengeluarkan Ide Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP) Hingga Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (7/6/2024). RIPPP dan SIPPP ini sejalan Didalam komitmen Pemerintah Di mewujudkan pembangunan yang bersifat Indonesia-sentris guna Mengurangi ketimpangan antarwilayah.

Di sambutannya, Wapres mengatakan, pembangunan Papua telah menjadi prioritas utama pemerintah. Menurutnya, upaya ini sejalan Didalam komitmen Pemerintah Di mewujudkan pembangunan yang bersifat Indonesia-sentris guna Mengurangi ketimpangan antarwilayah.

“Untuk itu, Aturan dan strategi pembangunan Papua terus didorong Untuk menguatkan peran pemerintah Daerah otonom Terbaru Di Memperbaiki Kesejaganan orang asli Papua (OAP), salah satunya Melewati penguatan regulasi,” katanya.

Wapres menegaskan, sebagaimana amanah undang-undang, pemerintah telah menyusun RIPPP Tahun 2022-2041 yang mengusung visi besar ‘Terwujudnya Papua Mandiri, Adil, dan Sejahtera’ Didalam tiga misi utama, yaitu ‘Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif.

“Hal ini penting sebagai payung hukum dan pedoman Di proses Perancangan, penganggaran, pelaksanaan, sampai Didalam evaluasi dan pengendalian percepatan pembangunan Hingga Papua,” katanya.

“Arah Aturan pembangunan Daerah Papua ini juga telah diselaraskan Hingga Di Rancangan Akhir Ide Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045 Didalam tema Percepatan Pembangunan Daerah Papua Ke Papua Sehat, Cerdas, dan Produktif,” imbuhnya.

Desain dan kerangka Perancangan ini, terang Wapres, diharapkan membawa semangat, paradigma, dan terobosan Terbaru Di rangka mewujudkan lompatan Kesejaganan Papua Di 20 tahun mendatang.

“Saya meyakini percepatan pembangunan Papua Berencana Lebihterus terlihat Didalam hadirnya Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau sering disebut Didalam Badan Pengarah Papua (BPP),” urainya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Wapres Ma’ruf Amin Luncurkan Ide Induk Percepatan Pembangunan Papua