Daftar Lengkap 10 Penerima Apresiasi Kalpataru 2024

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Mengadakan Apresiasi Kalpataru 2024 Ke Rabu, 5 Juni 2024. Foto/Istimewa

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Mengadakan Apresiasi Kalpataru 2024 Ke Rabu, 5 Juni 2024. Sebanyak 10 individu dan kelompok Memperoleh Apresiasi Di Peristiwa yang digelar Ke Gedung KLHK, Jakarta.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 Bersama tema ‘Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience’. Sejumlah tamu penting hadir Merasakan momen istimewa tersebut.

Mulai Di Pejabat Tingginegara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Plt. Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bambang Supriyanto, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Apresiasi Kalpataru Hassan Wirajuda. Ke kesempatan itu, Siti mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya Di para penerima Apresiasi Kalpataru 2024. Siti bangga Lantaran para penerima Apresiasi ini telah menjadi teladan sekaligus pahlawan Di menjaga lingkungan hidup Ke Tanah Air.

“Kita persembahkan rasa syukur kepada Tuhan, hari ini atas rahmatnya kita bisa bersama-sama mengikuti Peristiwa penyerahan Apresiasi Kalpataru kepada para pahlawan lingkungan yang benar-benar telah melakukan sesuatu yang luar biasa dan nyata Di rangka mempertahankan Memperbaiki dan memulihkan Mutu Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Mutu sosial Komunitas Di Sebagai menjadi lebih baik,” ujar Siti Di sambutannya.

Siti mengungkapkan betapa penting Apresiasi Kalpataru Sebagai digelar. Menurutnya, Kalpataru Menyediakan berbagai dampak positif. Salah satunya, memotivasi dan Merangsang kepeloporan penerima Di pelestarian fungsi Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sesudah Itu, adanya Apresiasi ini dapat Memperbaiki peran Komunitas Di perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan. Samping Itu, juga mengangkat berbagai hasil karya yang terbukti efektif Di melestarikan fungsi lingkungan sekaligus mensosialisasikannya kepada Komunitas luas.

Tak kalah penting, Apresiasi ini juga dapat Memperbaiki peran Komunitas Di suatu gerakan konservasi sumber daya alam dan lingkungan sebagai kekuatan Civil Society Untuk terimplementasikannya pembangunan secara berkelanjutan.

“Kelima, Memperbaiki kesadaran dan membuka Kemungkinan Untuk berkembangnya Perkembangan dan Imajinasi, serta Merangsang prakarsa Komunitas sebagai bentuk apresiasi dan Inspirasi kepada individu dan kelompok Komunitas Di melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan secara berkelanjutan,” kata Siti.

Siti menjelaskan Apresiasi Kalpataru sebagai tanda apresiasi pemerintah Di upaya dan jasa bakti Komunitas kepada lingkungan. Apresiasi ini sekaligus merupakan amanah Untuk penerimanya Sebagai tetap menjaga dan Memperbaiki kepeloporan, serta upaya-upaya perlindungan pemeliharaan dan pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Adapun pemilihan Mendominasi Apresiasi ini tentunya tidak sembarang dilakukan. Para Mendominasi diseleksi dan diproses Bersama ketat.

“Dimulai Di seleksi usulan dan rekomendasi tingkat Lokasi, verifikasi dan validasi administrasi dan teknis serta lapangan Bersama Skuat khusus yang terdiri Di berbagai disiplin ilmu, serta juga disidangkan Bersama Dewan Pertimbangan Apresiasi Kalpataru yang terdiri Di 12 orang tokoh prominent dipimpin Bersama Bapak Hasan Wirayuda, Memiliki pengetahuan dan Pengalaman Hidup yang luar biasa Ke bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Juga berlangsung Melewati tahapan tanggapan publik kita,” jelas Siti.

Sambil Itu, Ketua Dewan Pertimbangan Apresiasi Kalpataru Hassan Wirajuda menjelaskan Yang Berhubungan Bersama perkembangan Peristiwa ini yang sudah berlangsung Dari 1980-an. Menurutnya, tidak banyak perbedaan Di penyelenggaraan ini. Justru, ia bangga Apresiasi ini bisa berlangsung Pada 44 tahun Lantaran artinya, Komunitas masih antusias dan sadar Akansegera pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Karena Itu kalau kita lihat bidang-bidang atau apa saja yang diberikan Bersama Apresiasi Kalpataru, sebetulnya tidak berubah. Artinya, kelompok konservasi, pembina, dan sebagainya. Karena Itu isunya juga masih relatif sama. Misalnya, pemeliharaan perluasan hutan bakau. Itu juga Permasalahan dulu,” kata Hassan.

“Permasalahan sekarang lebih relevan Lantaran Permasalahan itu juga Dibagian Di upaya mitigasi Pemanasan Global. Karena Itu Artinya, melihat dan menghargai bahwa kita punya inisiatif yang lokal, sebagian merupakan kearifan lokal. Jauh Sebelumnya Permasalahan climate change. Lantaran itu, saya menyerukan kita gelorakan kembali semangat Kalpataru ini,” sambungnya.

Plt Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bambang Supriyanto juga menyambut gembira adanya Peristiwa Apresiasi Kalpataru 2024. Ia pun berharap para penerima Apresiasi bisa menjadi teladan positif Untuk Komunitas Di menjaga lingkungan hidup dan kehutanan.

“Karena Itu yang pertama, sebagai apresiasi, Ibu Pejabat Tingginegara telah menyerahkan Kalpataru. Sesudah Itu Lantaran kepemimpinan dan keteladananya Ke Di gerakan lingkungan hidup, mereka Memperoleh dana namanya replikasi Sebagai tahun berikutnya. Karena Itu harapannya keteladanan, benchmark itu bisa ditularkan Hingga Lokasi-Lokasi yang lain. Contohnya tadi, kalau tadi pertanyaannya adat ya, adat Punan Batu itu Ke Kaltara,” jelas Bambang.

“Dia itu bisa mengkonservasi 18 ribu Ke Di desakan masalah lahan yang begitu kuat. Bersama kearifan lokalnya, mereka hidupnya tergantung Ke sana. Ada Daerah adatnya, Sesudah Itu ada hukum adatnya, ada pemimpin adatnya, dan juga ada Komunitas adatnya. Ternyata Bersama kearifan lokal, mereka bisa menjawab bahwa hutan itu adalah Rumah dia. Rumah Sebagai kelangsungan hidupnya. Dan budayanya itu bisa dipertahankan,” katanya.

Ungkapan Sejahtera dilontarkan perwakilan Kelompok KTH Wanampaksi, Sujarwo yang Memperoleh Apresiasi Kalpataru 2024. Ia tak menyangka telah Memperoleh Apresiasi ini. “Kami kemarin kaget juga dapat Apresiasi ini dan mudah-mudahan Bersama Apresiasi ini menambah semangat teman-teman kami Di kegiatan berkonservasi,” ujar Sujarwo.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Daftar Lengkap 10 Penerima Apresiasi Kalpataru 2024