96 Tahun Sumpah Pemuda, Refleksi PKB sebagai Partai Anak Muda

Muhammad Rodli Kaelani, Sekjen DKN Garda Bangsa, Waketum DPP Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia. Foto: Ist

Muhammad Rodli Kaelani
Sekretaris Jenderal DKN Garda Bangsa,
Wakil Ketua Umum DPP Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia

SETIAP tanggal 28 Oktober, kita selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda . Sumpah Pemuda tahun 1928 merupakan tonggak penting Di sejarah bangsa Indonesia, Ke mana semangat persatuan dan kebangsaan dipelopori Dari anak-anak muda. Momentum ini menjadi puncak Di gerakan-gerakan anak muda yang telah muncul Sebelumnya, seperti kebangkitan nasional Ke 1908, yang dipelopori Dari Budi Utomo.

Di Di Itu, peran anak muda Di pembaharuan sosial dan politik tidak dapat dipisahkan Di dinamika perubahan bangsa. Malahan, Ke era reformasi, anak-anak muda (mahasiswa) kembali menjadi garda terdepan Di menuntut perubahan rezim otoritarianisme Di Kedaulatan Rakyat yang lebih terbuka. Artinya, perjalanan bangsa Indonesia Pada 79 tahun selalu diwarnai Dari spirit dan kepeloporan kaum pemuda.

Tetapi, 96 tahun Sesudah Sumpah Pemuda berlangsung, tantangan yang dihadapi generasi muda Lebihterus kompleks. Kejadian Luar Biasa bonus demografi yang sering Disorot sebagai “berkah” Sebagai bangsa, Ke kenyataannya menyimpan berbagai paradoks. Generasi milenial dan Gen Z, yang menjadi tumpuan harapan bangsa, tidak hanya membawa potensi besar, tetapi juga dihadapkan Ke tantangan-tantangan serius.

Paradoks Bonus Demografi

Bonus demografi yang dimaksud adalah lonjakan jumlah penduduk usia produktif, yang Disorot bisa Merangsang Perkembangan ekonomi. Dan ini memang merupakan momen langka, pasalnya tidak semua Bangsa Memiliki kesempatan emas ini. Dimana penduduk berusia produktif (15-65 tahun) jumlahnya lebih besar dibandingkan usia 0 – 14 tahun dan Ke atas 65 tahun. Tetapi, realitasnya, bonus demografi ini juga menyimpan sejumlah tantangan serius.

Tingkat pengangguran Ke kalangan anak muda cukup tinggi. Tahun 2023, data Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran Ke kalangan anak muda tembus mencapai 22,25 persen Di total penduduk usia muda. Situasi ini diperparah Didalam kerentanan psikologis akibat tekanan sosial, ekonomi, dan Kekayaan Budaya Dunia digital yang Lebihterus menguat.

Alih-alih menjadi kelas menengah yang kuat, banyak Ke Di mereka justru terjebak Di Kepuasan ekonomi yang stagnan, Ke mana daya beli mereka menurun dan sikap individualistik Lebihterus menguat Malahan Aksi Keluhan Masyarakat kriminalisme-Kekejaman yang dilakukan usia mudah Lebihterus parah.

Tanda itu setidaknya bisa diprediksi Didalam melakukan pembacaan Di Perkembangan ekonomi Indonesia Pada 20 tahun terakhir yakni Dari 2003 hingga 2023 berjalan sangat melambat. Dimana angka Perkembangan ekonomi Indonesia hanya diangka 5% (Bappenas: 2024). Realitas ini Lalu berdampak Ke trend penurunan daya beli. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti melaporkan, September 2024 terjadi deflasi sebesar 0,12 persen (VoA Indonesia).

Faktor ekonomi ini Berencana turut Lebihterus memperparah kerentanan psikologis yang dihadapi generasi ini. Tahun 2023, Kemenkes merilis sebanyak 6,1 persen penduduk Indonesia berusia 15 tahun Hingga atas Merasakan gangguan Keadaan mental. Gangguan Keadaan mental yang dihadapi Gen z Menimbulkan Kekhawatiran hingga mencapai 200%. Selain masalah ekonomi, masalah pelik lain yang Di dihadapi Gen Z ini adalah menguatnya sikap individualistik Ke kalangan mereka.

Paradoks ini Menunjukkan bahwa tidak semua anak muda siap Berjuang Didalam dunia kerja yang Lebihterus Tantangan, Sambil dunia politik dan pembangunan lebih banyak dikendalikan Dari kekuatan uang (pemodal). Ke sini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil melihat adanya pergeseran nilai yang perlu diantisipasi. PKB sebagai partai yang konsisten merangkul anak muda, melihat Kejadian Luar Biasa ini sebagai sebuah tantangan sekaligus Kemungkinan Sebagai memperkuat peran generasi muda Ke masa Di.

Alih Kepemimpinan: Tanggung Jawab Generasi dan Peran Organisasi Politik

Tantangan ini Lebihterus relevan Di konteks alih kepemimpinan nasional. Prabowo Subianto yang terpilih sebagai Ri RI 2024-2029 Memiliki tanggung jawab itu. Kejadian Luar Biasa munculnya anak-anak muda yang mulai Memutuskan peran sebagai pejabat publik merupakan sinyal positif.

Sesuatu yang kini juga Di menjadi konsentrasi Organisasi Politik Sebagai terus didorong, mengingat ceruk pemilih muda juga signifkan. Organisasi Politik mulai Memahami bahwa masa Di bangsa ada Ke tangan anak muda, dan Dari Sebab Itu, peran mereka harus Lebihterus dikuatkan.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 96 Tahun Sumpah Pemuda, Refleksi PKB sebagai Partai Anak Muda