Bisnis  

Tarif Mutakhir Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan

Untuk 2 tahun terakhir, Astra Tol Cipali telah Memperbaiki kapasitas jalan Lewat penambahan lajur ketiga sepanjang 18,2 KM yang rampung Di 2023, dan 23 KM berikutnya Di 2024. (Foto/Ilustrasi: dok. Astra)

SUBANG – Berdasarkan Keputusan Pembantu Pemimpin Negara Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Penyesuaian Tarif Tol dan Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor Di Ruas Jalan Tol Cikampek-Palimanan Nomor 2789/KPTS/M/2024 tertanggal 15 Oktober 2024, Berencana dilakukan penyesuaian tarif Untuk ruas Tol Cipali yang berlaku mulai Rabu, 30 Oktober 2024 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif tersebut dilakukan berdasarkan Di Undang-Undang No.2 Tahun 2022 yang Berkata evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju Kenaikan Penurunan Nilai Mata Uang Dan Jasa dan evaluasi Di pemenuhan SPM Jalan Tol serta Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2024 Pasal 83, yang Berkata bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali Dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan Di pengaruh Kenaikan Penurunan Nilai Mata Uang Dan Jasa.

“Kami secara konsisten melakukan upaya peningkatan Standar layanan lalu lintas Untuk memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal jalan tol dan peningkatan kapasitas Untuk Memperbaiki kenyamanan Pemakai jalan,” ujar Rinaldi, Direktur
Astra Tol Cipali.

Untuk dua tahun terakhir, Astra Tol Cipali telah melakukan peningkatan kapasitas jalan Lewat penambahan lajur ketiga sepanjang 18,2 KM yang telah dirampungkan Di 2023 lalu, dilanjutkan Di penambahan 23 KM berikutnya Di tahun 2024.

Samping Itu, dilakukan juga pemeliharaan Situasi jalan Lewat pekerjaan scrapping filling overlay, pemeliharaan rambu dan fasilitas keselamatan, hingga peningkatan Standar serta peremajaan rest area. Tak hanya itu, Di momen mudik lebaran tahun ini, bersinergi Di pihak kepolisian, Astra Tol Cipali meresmikan command center Di KM 188, Untuk Memperbaiki layanan pemantauan lalu lintas Pada mudik lebaran.

Taping tol Di ruas Tol Cipali

Berbagai inisiatif tersebut melengkapi berbagai layanan lainnya, seperti 12 unit armada derek, 10 unit armada patroli, 5 unit ambulance, 2 unit armada rescue, 6 unit armada PJR, serta 295 unit CCTV. Samping Itu, berbagai fasilitas keselamatan seperti wire rope, rumble dot, speed reducer, hingga lampu strobo juga telah dipasang, dibarengi Di inisiatif Inisiatif Pelatihan dan penegakan hukum (enforcement) Untuk menekan angka kecelakaan.

“Kami Berencana terus melakukan peningkatan dan pemeliharaan fasilitas dan layanan, Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Pemakai jalan. Samping Itu, kami juga terus Berusaha Untuk melakukan berbagai inisiatif Ketahanan, Untuk memastikan apa yang kita lakukan hari ini, tidak Menyediakan dampak negatif Untuk bumi maupun Kelompok Di masa
Didepan,” ujar Rinaldi.

Untuk memastikan Ketahanan, Astra Tol Cipali juga melakukan berbagai inisiatif Yang Berhubungan Di lingkungan dan sosial seperti penggunaan solar panel sebagai sumber energi, pengolahan limbah cair maupun padat, Inisiatif pembinaan sekolah dasar, hingga pembinaan Dan Menengah.

Astra Tol Cipali juga telah melengkapi seluruh rest area Di ruas tol Cipali Di Stasiun Pengisian Sepeda Listrik Umum (SPKLU), Untuk mendukung perjalanan berkendara yang ramah lingkungan. Hingga September 2024, tercatat 34 persen penurunan emisi gas Tempattinggal kaca dihasilkan, 23% limbah padat terolah, 10 persen penggunaan Energi Hijau, dan 247
penerima manfaat Inisiatif sepanjang tahun 2024.

Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) merupakan Pembuatan infrastruktur strategis Di panjang 116,75 KM, yang Merangsang peningkatan konektivitas dan percepatan Perkembangan ekonomi Di Jawa Barat. Beroperasi Sebelum tahun 2015, ruas Tol Cipali Menyediakan alternatif kepada Kelompok Untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh mobilitas orang, Barang Dagangan, dan
distribusi Ekspedisi. Karenanya, Astra Tol Cipali selaku pengelola terus Berusaha Menyediakan layanan yang prima, Untuk mendukung fungsi strategis ruas Tol Cipali.

Lewat berbagai inisiatif yang dilakukan, Astra Tol Cipali berharap dapat terus Menyediakan dampak positif Untuk kemajuan infrastruktur Indonesia, sejalan Di cita-cita Astra Untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Indonesia.

(ars)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Tarif Mutakhir Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan