Masa Pensiun Moeldoko Bakal Diisi Membangun Pabrik Baterai EV


Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko membeberkan rencananya membangun pabrik baterai Sebagai Mobil Listrik Di Maret 2025.

Hal itu diungkap Moeldoko Pada Melakukan perpisahan Bersama awak media Di Kantor Staf Kepresidenan, Kamis (17/10). Wacana pendirian pabrik baterai itu disebut bakal dilakukan usai dirinya pensiun.

“Baterai listrik adalah masa Di dan masa Di adalah baterai listrik,” kata Moeldoko dikutip Di CNBC Indonesia, Jumat (18/10).



Ia Meramalkan biaya Penanaman Modal Di Negeri Sebagai membangun pabrik baterai mencapai US$10 juta atau Di Rp 155 miliar Bersama kapasitas produksi mencapai 100 Megawatt.

Kini ia Di mencari investor yang bisa membiayai pabrik baterai yang dinamai Electric Battery Indonesia (ELBI) itu.

“Ya itu kita lagi cari pinjaman. Lantaran cukup besar, ya kira-kira 10 jutaan lah ya, US dollar,” tuturnya.

Tak hanya berbahan baku nikel maupun litium, Moeldoko menyebut pabrik tersebut juga Akansegera Membuat baterai berbahan baku silika.

Pada ini dia masih menunggu hasil uji coba daya jelajah hingga 120 kilometer Sebagai kendaraan roda dua.

Di Di itu Moeldoko menjelaskan target awal produksi baterai itu Akansegera menyasar pasar sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua. Setelahnya Itu melompat Di kendaraan roda empat, yang juga Akansegera digunakan pabrik Kendaraan Pribadi miliknya yakni PT Kendaraan Pribadi Anak Bangsa (MAB).

“Setelahnya sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua nanti kita lompat Di angkot, Lantaran PT MAB juga mau produksi angkota, atau van-van kecil,” katanya.

Ia melaporkan Pada ini proses pendirian pabrik ini masih Di tahap penyiapan lahan. Rencananya, pabrik itu Akansegera berdiri Di atas tanah seluas satu hektare.

“Sekarang kita Di masuk Di tahapan ketiga, sudah menyiapkan tempat yang lebih bagus, walaupun itu kecil 1 hektare, tapi cukup baik lah. Tahap ketiga ini adalah tahapan menyiapkan prekusor, katoda, anoda, itu yang lebih betul-betul sudah line production sudah matic semua,” katanya.

Tahapan berikutnya, ia berencana membangun pabrik semi-automatis Sebagai membuat baterai Mobil Listrik sebesar 100 megawatt.

Tidak dijelaskan Di mana lokasi pabrik itu berdiri. Tetapi ia Merencanakan workshop atau tempat bekerja Sebagai Membuat kapasitas baterai Di Area Malang, Jawa Timur.




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Masa Pensiun Moeldoko Bakal Diisi Membangun Pabrik Baterai EV