Wisata  

Krisis Air Hingga 3 Gili Lombok Bikin Turis Batalkan Pesanan



Jakarta

Krisis air tawar bersih Hingga Gili Trawangan dan dua lainnya memang Memperoleh dampak yang serius. Sebab, sudah ada turis yang membatalkan pesanan Sebab keterbatasan itu.

Pengusaha Hotel Hingga Gili Trawangan dan Gili Meno, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mengkritik masalah pasokan air bersih. Krisis air Hingga sana telah menyebabkan pembatalan booking atau pemesanan penginapan. Walhasil, hal itu menyebabkan kerugian para pengusaha Hingga dua pulau tersebut.

“Mutakhir Topik saja, sudah 10 persen yang cancel,” ungkap Ketua Gili Hotels Association (GHA), Lalu Kusnawan, Minggu (13/10/2024).


Kusnawan menjelaskan, selain pembatalan pemesanan, para pengusaha juga Merasakan permintaan Untuk agen perjalanan Bagi memastikan ketersediaan pasokan air yang stabil. Permintaan ini muncul Sesudah Sebelumnya Itu pasokan air sempat terhenti Di beberapa hari Agar menimbulkan kekhawatiran.

“Sekarang muncul Topik lagi, beginilah Kebugaran Perjalanan Hingga Luarnegeri kita Di ini,” tambah Kusnawan.

Dampak Untuk pembatalan pemesanan ini cukup besar Bagi para pengusaha Hotel. Kusnawan memperingatkan jika masalah ini terus berlarut-larut tanpa solusi, maka kerugian yang lebih besar bisa menimpa mereka.

Menurut Kusnawan, permasalahan air bersih Hingga kawasan tersebut sebenarnya berada Hingga bawah pengelolaan pemerintah Daerah Melewati perusahaan Daerah air minum (PDAM). “Kami meminta agar pemerintah Daerah segera menemukan solusi Yang Berhubungan Di permasalahan ini. PDAM diharapkan bisa Memberi pelayanan terbaik agar Gili Trawangan dan Gili Meno tidak Merasakan krisis air,” ujarnya.

Berdasarkan data GHA, jumlah wisatawan yang datang Hingga Gili Trawangan dan Gili Meno telah Merasakan penurunan Dari awal Oktober 2024. Untuk rata-rata 2.800 wisatawan, kini angka tersebut turun menjadi 2.100 wisatawan hingga 11 Oktober 2024.

Kusnawan menyebut fluktuasi kedatangan wisatawan ini terjadi Sesudah pencabutan izin PT TCN Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Kami tidak bisa membatasi tamu yang melakukan pembatalan Sebab memang tidak ada jaminan pasokan air Hingga Di,” tandasnya.

Menyambut Baik hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB Di mencari solusi Bagi mengatasi krisis air bersih Hingga Gili Tramena, khususnya Hingga Gili Trawangan dan Gili Meno.

“Berencana ada pertemuan lanjutan, kami dorong Pemkab Lombok Utara Bagi melakukan pertemuan Di pihak-pihak Yang Berhubungan Di,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, Fathul Gani.

Di ini, distribusi air bersih Hingga kedua pulau tersebut masih dikelola Di PT TCN. Fathul Gani mengungkapkan Pemprov NTB Untuk mengkaji alternatif lain Bagi memastikan distribusi air bersih tetap berjalan lancar.

Baca artikel selengkapnya Hingga detikBali

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Krisis Air Hingga 3 Gili Lombok Bikin Turis Batalkan Pesanan