Model AI yang Dapat Bernalar Seperti Manusia

OpenAI terus menambah layanan terbaru mereka lewat o1. Foto: OpenAI

JAKARTA – OpenAI Mutakhir saja merilis model Mutakhir bernama o1. AI ini diklaim mampu “bernalar”, Sebab dilatih Sebagai menjawab pertanyaan lebih kompleks, Justru lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia. Justru, o1 bisa mengkoreksi dirinya sendiri.

Model ini dirilis bersama Di o1-mini, versi lebih kecil dan lebih murah. o1 sendiri sebenarnya sama Di Strawberry yang belakangan banyak dibicarakan.

Untuk OpenAI, o1 mewakili langkah Ke tujuan lebih luas, yaitu kecerdasan buatan yang mirip manusia.

Model ini diklaim dapat melakukan pekerjaan lebih baik Untuk menulis kode dan memecahkan masalah multi-langkah daripada model Sebelumnya Itu. Meski demikian, model ini juga lebih mahal dan lebih lambat Sebagai digunakan daripada GPT-4o.

Pemakai ChatGPT Plus dan Team sudah Merasakan akses Ke o1-preview dan o1-mini, Sambil Pemakai Enterprise dan Edu Berencana Merasakan akses awal minggu Di.

OpenAI mengatakan pihaknya berencana Sebagai membawa akses o1-mini Ke semua Pemakai gratis ChatGPT tetapi belum menetapkan tanggal rilis.

Akses pengembang Ke o1 sangat mahal: Untuk API, o1-preview adalah USD15 per 1 juta token input, atau potongan teks yang diuraikan Dari model, dan USD60 per 1 juta token output. Sebagai perbandingan, GPT-4o berharga USD5 per 1 juta token input dan USD15 per 1 juta token output.

Pelatihan Di Balik o1

Pelatihan Di balik o1 secara fundamental berbeda Di pendahulunya, kata pemimpin Studi OpenAI, Jerry Tworek. Dia mengatakan, o1 telah dilatih menggunakan Logika pengoptimalan yang sama sekali Mutakhir dan kumpulan data pelatihan Mutakhir yang khusus disesuaikan untuknya.

OpenAI mengajarkan model GPT Sebelumnya Itu Sebagai meniru pola Di data pelatihannya. Di o1, OpenAI melatih model Sebagai memecahkan masalah sendiri menggunakan Cara yang dikenal sebagai pembelajaran penguatan, yang mengajarkan sistem Lewat Pengakuan dan hukuman.

Setelahnya Itu menggunakan “rantai pemikiran” Sebagai memproses pertanyaan, mirip Di cara manusia memproses masalah Di menjalaninya langkah Untuk langkah.

Hasil Pelatihan Mutakhir

Sebagai hasil Di metodologi pelatihan Mutakhir ini, OpenAI mengatakan bahwa model tersebut Berencana lebih akurat.

Hal utama yang membedakan model Mutakhir ini Di GPT-4o adalah kemampuannya Sebagai mengatasi masalah kompleks, seperti pengkodean dan matematika, jauh lebih baik daripada pendahulunya sekaligus juga menjelaskan alasannya, menurut OpenAI.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Model AI yang Dapat Bernalar Seperti Manusia