Wisata  

Gegara Sering Pantun, Sandiaga Dinobatkan Karena Itu Babe Dedengkot Betawi



Jakarta

Gara-gara sering berpantun Di setiap Kegiatan yang dia hadiri, Menparekraf Sandiaga Uno sekarang diangkat Karena Itu Babe Dedengkot Betawi.

Penobatan itu dilakukan Hingga Kegiatan bertajuk MiCE TO MEET YOU 2024: Pantun Nusantara Mendunia’ yang digelar Hingga Perkampungan Kearifan Lokal Global Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan Ke 10-11 Agustus 2024 lalu.

Gelar itu diberikan Didalam MABMI dan MANTAB, dua organisasi Komunitas Betawi sebagai wujud apresiasi Komunitas Betawi kepada Babe Sandi yang telah berkomitmen dan turut aktif melestarikan serta menjaga Warisan Kearifan Lokal Global Tak Benda yang telah ditetapkan Didalam UNESCO Ke tahun 2020.


Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, sebagai Warisan Kearifan Lokal Global Tak Benda UNESCO, pantun sudah selayaknya dilestarikan dan dipromosikan Hingga seluruh dunia.

“Kita tahu bahwa pantun telah ditetapkan sebagai Warisan Kearifan Lokal Global Tak Benda Didalam UNESCO Ke tahun 2020. Kearifan Lokal lisan komunitas Melayu termasuk pantun Betawi ini perlu dilestarikan kepada generasi muda dan dipromosikan Hingga seluruh dunia,” ujar Sandiaga, seperti dikutip Kamis (15/8/2024).

Menurut Sandiaga, Kegiatan Pantun Nusantara Mendunia itu bisa menjadi ajang Sebagai menggeliatkan, Memperbaiki, dan Membuat potensi wisata berbasis komunitas dan Kearifan Lokal Global Betawi Hingga Jakarta.

“Wisata Kearifan Lokal Global yang berbasis keunikan Di Kearifan Lokal dan kearifan lokal, merupakan salah satu sektor Perjalanan Hingga Luarnegeri Hingga Indonesia yang diminati Didalam para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Kebudayaan Betawi seperti Masakan betawi, Duel pantun, tanjidor, palang pintu, gambang kromong, pencak silat, komedi Betawi, baju adat pangsi, dan penampilan-penampilan lainnya bisa ditawarkan kepada wisatawan sebagai daya tarik wisata yang unik,” tambah Sandiaga.

Perjalanan Hingga Luarnegeri berbasis Kearifan Lokal Global Betawi, kata Sandiaga bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata yang unik Hingga Jakarta. Wisatawan yang liburan Hingga Jakarta bisa merasakan dan mempelajari Kearifan Lokal Global Betawi.

Sebelumnya diberitakan, Sebab identik Didalam pantun, Menparekraf Sandiaga Uno diusulkan menjadi bapak pantun Indonesia.

Usul Sandiaga menjadi bapak pantun Indonesia itu disampaikan pemandu Kegiatan yang juga disetujui peserta Workshop KaTa Kreatif Hingga Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Maka ini menjadi usulan kami, Mas Pejabat Tingginegara kami usulkan Karena Itu bapak pantun Indonesia,” kata pemandu Kegiatan yang langsung Menyambut gemuruh tepuk tangan Dukungan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Gegara Sering Pantun, Sandiaga Dinobatkan Karena Itu Babe Dedengkot Betawi