Bisnis  

Kisah Petugas Pendamping Langkah PNM Mekaar Bantu Selamatkan Lingkungan

Lewat Langkah Pembaruan Kapasitas Usaha (PKU) milik PNM, Triska dan Nasabah PNM Unit Padalarang belajar bersama mengenai pengelolaan bank sampah Lewat Bank Sampah Bukit Berlian Padalarang. Foto/Dok

JAKARTA – Nilai dan Kearifan Lokal Dunia PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Di Sebab Itu Semangat Triska Bagi bergabung menjadi Account Officer (AO) atau Petugas Pendamping Di Langkah PNM Mekaar yang sudah Ia jalani Di 2 tahun. Berawal Untuk cerita nasabah PNM Mekaar Padalarang soal perlunya penyelamatan lingkungan Untuk sampah yang tidak diangkut dikarenakan TPA Merasakan musibah kebakaran.

Cerita tersebut Lalu dicapture Lewat Langkah PNM Bercerita, yaitu Langkah lomba video yang diikuti 62 Cabang PNM Untuk rangkaian HUT PNM Di-25 tahun Di tema “Terus Tumbuh Tuk Bangun Asa”. Hal ini membuat Triska tergerak Bagi membantu nasabah tersebut Di cara Memberi pelatihan mengenai pengelolaan sampah.

Lewat Langkah Pembaruan Kapasitas Usaha (PKU) milik PNM, Triska dan Nasabah PNM Unit Padalarang belajar bersama mengenai pengelolaan bank sampah Lewat Bank Sampah Bukit Berlian Padalarang. Tidak hanya pelatihan Untuk mengelola sampah, PNM juga Memberi pelatihan mengenai budidaya maggot.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk Untuk tiga modal PNM, Untuk mendukung Perkembangan ultra mikro dan Usaha Kecil Menengah. PNM Memberi tiga modal yaitu Perbankan, intelektual dan sosial.

Modal Perbankan diberikan Lewat pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual lewat pendampingan Di lain Di antaranya pelatihan, berbagi info dan Pengalaman Hidup. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah Lewat jejaring usaha dan sinergi Usaha yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

“Bank sampah adalah strategi Bagi membangun kepedulian Komunitas agar dapat ‘berkawan’ Di sampah Bagi Merasakan manfaat ekonomi langsung Untuk sampah. Di Sebab Itu, bank sampah dapat berguna Bagi merubah sesuatu yang tidak ternilai menjadi sesuatu yang berharga. Harapan saya juga hal ini bisa Memberi manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya Di pillar ekonomi, Tetapi pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat Di lingkungan Disekitar,” ujar Direktur Utama PT PNM, Arief Mulyadi.

Triska yang sudah bermimpi Bagi dapat bekerja Di perusahaan BUMN, sekarang mimpinya terwujud menjadi AO PNM Mekaar. Triska mengakui jalan yang harus dilaluinya tidak selalu mudah. Tapi ia bersyukur dampak kehadirannya tidak hanya bisa banyak membantu para ibu-ibu nasabah Lewat pembiayaan saja, pelan-pelan lingkungan para ibu nasabah juga bisa dibantu menjadi lebih sehat.

Ketua kelompok PNM Mekaar unit Padalarang, Ema mengatakan “Alhamdulillah berkat pelatihan yang diberikan, sekarang ibu-ibu disini bisa mengelola sampah organik secara mandiri dan juga sebanyak hampir 2 ton sampah organik sudah berhasil dikelola Di bank sampah bukit berlian padalarang.”

PNM Berencana terus Mendorong nasabah Bagi bisa Merasakan ilmu Terbaru Bagi Pembaruan usaha nasabah Di masing-masing sektor usaha. Harapannya, nasabah mampu Membuat usahanya Di cara yang berbeda seperti pemberdayaan yang biasa dilakukan.

PNM merupakan lembaga pembiayaan dan pendampingan perempuan prasejahtera Di Indonesia Lewat sektor usaha ultra mikro. PNM tidak hanya Memberi modal usaha, tetapi berbagai pelatihan Bagi Memperbaiki Mutu produk juga dilakukan. Hingga kini sudah ada 15,2 juta nasabah PNM Di seluruh Indonesia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kisah Petugas Pendamping Langkah PNM Mekaar Bantu Selamatkan Lingkungan