Wisata  

Kisah Cinta Orang Tua Bung Karno: Berawal Bersama Pandangan Pertama



Buleleng

Kisah cinta Antara Raden Soekemi dan Rai Srimben, ayah dan ibu Bersama Bung Karno Memikat Untuk disimak. Kisah cinta mereka meruntuhkan dinding Adat Istiadat Dunia dan agama.

Medio Oktober 1891, seorang guru asal Blitar, Jawa Timur, menghirup bau asin laut yang menyeruak Bersama dermaga Ke Pelabuhan Buleleng, Bali.

Dia tiba Ke sana atas perintah Kolonial Belanda. Guru itu bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo. Berbekal SK/Busluit tertanggal 10 Oktober, Soekemi datang dan mengajar Ke Sekolah Rakyat (SR) 1 Singaraja yang kini berubah nama menjadi SD Negeri 1 Paket Agung.


Sama seperti Sebelumnya-Sebelumnya Itu, setiap kali kapal sandar Ke pelabuhan itu, selalu disambut warga Bersama antusias. Tanpa sengaja, mata Soekemi beradu Bersama mata seorang gadis Ke Di kerumunan para penyambut.

Hari pertama yang tak dilupakan Soekemi Di tiba Ke Pulau Dewata. Tatapan dan senyuman sang gadis terus terbayang dan mengisi lamunan Pak Guru Soekemi.

Hari-hari berikutnya dilalui Soekemi Ke sekolah kecil tempatnya bertugas. Soekemi muda juga kerap ikut Peristiwa-Peristiwa warga Ke sana.

Sebagai seorang guru, Soekemi masuk Di jajaran orang penting. Tak heran jika dia selalu dilibatkan Di setiap pesta atau Peristiwa warga Ke sana.

Suatu ketika, bertepatan Bersama Hari Raya Galungan, Soekemi Hadir Di piodalan Pura Desa Adat Buleleng. Soekemi yang jatuh cinta Akansegera Adat Istiadat Dunia Bali, kerap sering menonton pertunjukan dan tarian Bali.

Dia terlihat berbeda Bersama para tamu yang hadir Sebab mengenakan blangkon serta setelan baju khas Jawa. Malam itu, dia menonton Tari Rejang.

Bersama Mata Turun Di Hati

Mata Soekemi tertuju Ke seorang gadis penari. Ternyata, dia adalah gadis yang pernah dilihatnya Di pertama tiba Ke pelabuhan. Dia ingat betul tatapan gadis itu. Gadis itu bernama Rai Srimben. Tatapan mereka kembali beradu, detak jantung makin kencang. Soekemi jatuh cinta.

“Pas selesai Peristiwa. Si Raden Soekemi rupanya kepikiran. Ditanyalah pengantarnya, siapa itu? Pengantarnya menjawab, ya itu Rai Srimben, itu cucunya Jro Mangku. Rumahnya Didekat Bersama pura,” kata Penglingsir Bale Agung, Made Hardika, menceritakan pertemuan Antara Soekemi dan Rai Srimben, Minggu (2/6/2024).

Rai Srimben Memikat Hati Raden Soekemi

Rai Srimben merupakan anak kedua Bersama pasangan I Nyoman Pasek dan Ni Made Liran. Ibunda Soekarno itu lahir Di 1881. Di Srimben masih belia, kedua orang tuanya bercerai. Beberapa tahun Lalu, ibunya meninggal dunia.

Srimben kecil Lalu diasuh Dari bibinya, Ni Ketut Nesa, Ke kawasan Bale Agung. Layaknya gadis Bali Ke umumnya, Srimben mengisi hari-harinya Bersama menenun.

Di ada upacara-upacara ia juga membantu kakeknya yang seorang Jro Mangku ngayah Ke pura Bersama membuat canang ataupun bebantenan.

Srimben juga piawai Di menari. Kepiawaiannya Di menari inilah yang konon membuat Raden Soekemi jatuh cinta kepadanya.

Sesudah pertemuan itu, Soekemi makin penasaran. Berkedok mencari murid, Soekemi mengajak temannya Putu Kaler Untuk singgah Di Bale Agung.

Berdua, mereka bertemu kakek Rai Srimben. Jro Mangku Memperoleh mereka Bersama baik. Soekemi berhasil mencuri hati sang kakek Sebab pandai membaca Prasi, karya Karyaseni Ke daun lontar.

Beberapa Di Lalu, sang kakek memanggil Rai Srimben Untuk membuatkan Minuman. Mereka saling bertatap lagi. Benih-benih asmara mulai tumbuh Ke Antara mereka.

“Bersama sekian kali pertemuan itu rupanya sudah mulai ada kontak. Cuma keluarga belum sadar. Sepupunya yang sadar Made Lastri, Bersama melihat sorot mata Rai Srimben,” cerita Hardika.

“Ketika Raden Sukemi pamit. Semua berdiri. Sudah sampai hilang Raden Soekemi, tapi Rai Srimben masih nengok-nengok (Ke pintu),” imbuhnya.

Sesudah pertemuan itu hubungan Nyoman Rai Srimben dan Raden Soekemi rupanya Lebih Didekat. Mereka menjalin hubungan secara diam-diam Bersama perantara Made Lastri dan Putu Kaler.

“Yang Dikatakan sebagai comblang I Kaler itu, dan Memperoleh Ke sini (Bale Agung) I Lastri. I Kaler juga gitu kalau menyampaikan sesuatu pasti Ke I Latri. Semacam rahasia gitu dia,” kata Hardika.

Jalinan asmara mereka berlangsung lama, meski ada tembok penghalang yang sangat tinggi Ke Di mata: agama dan Adat Istiadat Dunia. Mereka sadar, hubungan mereka tak Akansegera direstui.

Rai Srimben Diajak Kawin Berlari

Sampai suatu hari Rai Srimben nekat menuruti ajakan Soekemi Untuk kawin Berlari tanpa sepengetahuan keluarga. Keputusan kawin Berlari ini diambil Sebab Rai Srimben ternyata telah dijodohkan Bersama orang lain dan sudah dipingit Dari keluarga Bale Agung.

Rai Srimben tidak ingin menikah Bersama orang yang tidak dicintainya. Dia pun memilih kawin Berlari Bersama Raden Soekemi yang ia cintai walaupun tak Menyambut restu.

“Sebelumnya kawin Berlari itu Rai Srimben sembahyang sampai Di merajan rupanya minta restu dan pamit dia Akansegera kawin Berlari bersama Raden Soekemi,” ujarnya.

Kejadian itu membuat keluarga Bale Agung gempar hingga membunyikan kentongan. Kakek bersama keluarga Ke Bale Agung mencari Rai Srimben Di beberapa tempat Akan Tetapi tidak ada.

Hingga akhirnya datang utusan Bersama kepolisian Kolonial Belanda mengabarkan bahwa Rai Srimben telah kawin Berlari atas dasar suka sama suka. Keduanya Di itu berada Ke kantor polisi. Keluarga pun menyusul Di kantor polisi Bersama tujuan membawa pulang Rai Srimben.

Melihat kakek dan keluarga Bale Agung tiba Ke kantor polisi, Rai Srimben sontak sujud Ke kaki kakeknya. Dia menangis sembari meminta maaf atas perilakunya yang telah membuat gaduh, susah orang tua dan keluarga bale agung.

Dia meminta restu kepada kakek dan keluaga Bale Agung Untuk menikah Bersama Raden Soekemi Sebab mereka saling mencintai. Keluarga pun tidak bisa memaksakan kehendak dan merelakan jalan yang dipilih Dari Rai Srimben Untuk menikah Bersama Raden Soekemi.

Meski begitu kemarahan kakek serta keluarga Bale Agung belum mereda. Rai Srimben tidak diperkenankan lagi menginjakan kakinya Di Bale Agung kala itu.

Polisi melimpahkan Tindak Kejahatan ini Di Lembaga Proses Hukum Raja. Sidang Lembaga Proses Hukum Taja pun digelar. Raden Soekemi diputuskan bersalah Sebab membuat onar dan gaduh Ke Komunitas. Atas kesalahannya dia didenda 25 ringgit.

Sesudah kejadian itu, Raden Soekemi dan Rai Srimben melangsungkan pernikahannya Ke Tulung Agung Ke 15 Juni 1897. Sesudah menikah mereka kembali Di Buleleng.

Raden Soekemi kembali mengajar Ke SR 1 Singaraja. Pada periode itu mereka tinggal Ke kos Ke Jalan Gunung Batur, Banjar Paketan.

“Di itu ndak ada orang tua-tua Ke sini yang jenguk Di situ. Hubungan seperti katakanlah terputus. Tetapi secara diam-diam I Lastri dan yang sebayanya sering Di situ bawa berita. Dia cerita Di tantenya,” katanya.

Kemarahan Keluarga Mereda

Setahun Lalu tepatnya 29 Maret 1898 Nyoman Rai Srimben melahirkan anak pertamanya Ke Singaraja. Anak perempuan itu diberi nama Sukarmini.

Kelahiran Sukarmini menjadi berkah Untuk mereka. Kemarahan keluarga Bale Agung pelan-pelan mereda. Pernikahan mereka direstui.

Sesudah usia Sukarmini kira-kira setahun, Hardika mengatakan, Raden Soekemi dan Rai Srimben pindah Di Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya pulang Di Jawa menemani sang suami, Rai Srimben sempat pamitan Di Bale Agung.

Kepergiannya Di Jawa turut diantar Dari beberapa kerabat Bersama Bale Agung. Mereka pergi Bersama restu, tentu juga Bersama air mata.

Kelahiran Soekarno

Beberapa bulan Lalu, tepat Ke 6 Juni 1901, Gunung Kelud meletus. Ke hari itu, menjelang matahari terbit, lahir pula anak kedua Soekemi dan Rai Srimben. Bayi laki-laki itu diberi nama Soekarno.

Kelak, pria ini tumbuh menjadi orang besar. Dia adalah Sang Proklamator, Pemimpin Negara pertama Indonesia yang lahir Sebab cinta seorang guru dan gadis penari Bali.

Atas jasanya melahirkan pemimpin bangsa, Nyoman Rai Srimben diberi gelar kehormatan. Bung Karno memberi nama tambahan Ida Ayu Ke Di nama ibunya, sebagai gelar kehormatan Bersama seorang Pemimpin Negara kepada perempuan yang tangguh, yang telah melahirkan, membesarkan, dan pemberi semangat Di perjuangan melawan penjajah Belanda.

Mulai Di itulah Nyoman Rai Srimben dikenal sebagai Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Kisah cinta orang tua Bung Karno ini masih terekam jelas Ke Tempattinggal keluarganya Ke Banjar Bale Agung, sampai Di ini.

——-

Artikel ini telah naik Ke detikBali.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kisah Cinta Orang Tua Bung Karno: Berawal Bersama Pandangan Pertama