Wisata  

Sandiaga Bicara Peran Kekayaan Intelektual Promosi Parekraf RI Ke Dunia



Jakarta

Pembantu Pemimpin Negara Perjalanan Ke Luarnegeri dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Perjalanan Ke Luarnegeri dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya peran kekayaan intelektual (KI) Di mempromosikan parekraf Indonesia Ke pasar internasional.

Sandiaga mengatakan KI merupakan salah satu media strategis Untuk mempromosikan Perjalanan Ke Luarnegeri dan ekonomi kreatif Ke Indonesia. Salah satunya produk parekraf Bali Ke pasar internasional, Ke mana Di 61 persen perekonomian Bali berasal Di sektor parekraf.

“Ke masa Penyebara Nmassal COVID-19, tepatnya Ke 2020, perekonomian Bali Merasakan kontraksi hingga 9,31 persen. Hal ini sangat berdampak Untuk perekonomian Bali yang didominasi Dari pelaku parekraf,” kata Sandiaga Di keterangan tertulis, Kamis (18/7/2024).


Hal ini disampaikannya Ke Seminar on Collective Marks in Tourism and Creative Economy, Side events of Assemblies of the Member States of WIPO: 65th Series of Meetings Ke Jenewa, Swiss, Rabu (17/7) waktu setempat.

Sandiaga menambahkan, Ke 2023, Melewati asistensi WIPO (World Intellectual Property Organization/Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia), Kemenparekraf bersama stakeholder Yang Berhubungan Di menginisiasi proyek KI Ke Bali. Salah satu proyek tersebut adalah unBalivable, yang merupakan gerakan kolektif Di melibatkan 13 pelaku Perjalanan Ke Luarnegeri dan 17 pelaku ekonomi kreatif.

“Proyek ini bertujuan Untuk menyelamatkan Usaha para pelaku parekraf Ke Bali. Supaya perekonomian Bali bisa kembali pulih pascapandemi COVID-19,” paparnya.

Melewati Inisiatif unBalivable, lanjut Sandiaga, para pelaku parekraf Ke Bali dapat tetap bersaing sehat dan memanfaatkan Kearifan Lokal dan Kearifan Lokal Global Bali sebagai modal Untuk mempromosikan keanekaragaman sektor parekraf Pulau Dewata Ke pasar internasional.

“Inisiatif ini menjadi media yang penting Untuk mempromosikan keunikan identitas parekraf Bali yang otentik dan diharapkan mampu Memperbaiki reputasi para pelakunya Ke pasar Internasional,” pungkas Sandiaga.

Sebagai informasi, Di seminar ini, Sandiaga turut didampingi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sandiaga Bicara Peran Kekayaan Intelektual Promosi Parekraf RI Ke Dunia