Wisata  

Viral ‘Tornado’ Ke Bromo



Probolinggo

Video Menunjukkan pusaran angin Ke lautan pasir Bromo yang disebut-sebut sebagai tornado viral Ke media sosial. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menjelaskan Kejadian Luar Biasa itu bukanlah tornado.

Dikutip Di Antara Di Kamis (18/7/2024), muncul pusaran angin Ke Di-Di lautan pasir Bromo. Pusaran angin itu menerbangkan sampah yang ada Ke Disekitar gurun Bromo.

Di video juga terdengar percakapan pedagang yang takut Barang Dagangan dagangannya tersapu angin. Meski begitu, beberapa orang tampaknya tetap merasa aman dan mengabadikan Kejadian Luar Biasa itu Melewati Perekamgambar ponselnya.


Kepala BB TNBTS Septi Eka Wardhani menjelaskan pusaran angin itu merupakan Kejadian Luar Biasa dusk devil. Kejadian Luar Biasa itu biasa terjadi Ke kawasan lautan pasir Bromo dan Disekitar Di musim panas dan kering.

“Kejadian Luar Biasa ini dikenal Di nama ‘dust devil’. Secara visual tampak seperti pusaran angin mirip seperti tornado yang membawa debu dan pasir, Tetapi Di ukuran yang relatif lebih kecil Di tornado,” kata Septi.

Kejadian Luar Biasa itu Di umumnya terjadi Ke Lokasi yang Memiliki lapisan pasir dan debu seperti Lokasi gurun atau padang pasir. Dust devil Di umumnya tidak Disorot berbahaya Lantaran Kelajuan angin lebih rendah daripada tornado.

“Tetapi, apabila berada terlalu Disekitar Di dust devil, debu dan pasir yang terangkat Di angin Akansegera sangat mengganggu,” kata dia.

Meski tidak berbahaya, TNBTS menyarankan agar pengunjung Sebagai menghindari atau menjauh jika melihatnya. Dia meminta pengunjung melindungi mata dan saluran pernapasan jika berada Ke Disekitar dust devil.

“Tetapi, jika terlanjur berada sangat Disekitar Di pusaran angin tersebut, disarankan Sebagai diam sejenak sambil menutup mata dan melindungi hidung atau saluran pernapasan hingga pusaran angin hilang,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral ‘Tornado’ Ke Bromo