Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ Pada Berlari? Ahli Kepuasan Orthopedi Bicara Pemicunya


Jakarta

Berlari merupakan salah satu jenis Aktivitasfisik yang banyak disukai Bersama Komunitas. Salah satu keluhan yang tak jarang dialami Bersama pelari adalah lutut yang nyeri hingga berbunyi ‘klik’ ketika bergerak. Apakah Situasi itu berbahaya?

Spesialis ortopedi dr Fajar Mahda, SpOT(K), AIFO-K mengatakan bahwa Situasi tersebut bisa disebabkan Bersama masalah patellofemoral osteoarthritis. Bunyi ‘klik’ yang muncul terjadi akibat sendi Di tulang paha, tulang kering, dan tulang tempurung Merasakan gesekan berlebih.

“Bunyi klik itu biasanya disebabkan Lantaran benturan terjadi Di tulang tempurung ini Bersama tulang paha,” kata dr Fajar Di Peristiwa temu media, Selasa (17/7/2024).


Menurut dr Fajar bunyi ‘klik’ seharusnya tidak muncul ketika sendi lutut digerakkan. Akan Tetapi, Lantaran digunakan secara berlebihan Di Karya, sendi lutut akhirnya memunculkan rasa nyeri hingga bunyi ‘klik’.

dr Fajar mengatakan Situasi sendi lutut yang berbunyi ‘klik’ biasanya terjadi Di orang yang rutin berlari atau Naik Sepeda. Bunyi ‘klik’ kerap ditimbulkan Di gerakan jongkok atau squad.

“Kalau misalnya dia suka Berlari gitu ya, Bersama Sebab Itu sebaiknya intensitas larinya memang harus dikurangi ya. Jangan dipaksa nanti bisa Lebihterus parah,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ Pada Berlari? Ahli Kepuasan Orthopedi Bicara Pemicunya