Bisnis  

3 Negeri yang Menolak Gabung BRICS, Ada Indonesia?

Pada puluhan Negeri Berkata minat bergabung Di kelompok Negeri-Negeri berkembang BRICS, Tetapi ada juga yang menolak. Ini Daftar 3 Negeri yang Menolak Gabung BRICS. Foto/Dok

JAKARTA – Pada puluhan Negeri Berkata minat bergabung Di kelompok Negeri- Negeri berkembang BRICS , Tetapi ada juga yang menolak bergabung Hingga rival Barat tersebut. Sebelumnya Itu Pada KTT BRICS digelar Ke Agustus 2023 lalu, disebutkan ada lebih Di 40 Negeri telah Berkata minatnya gabung bersama aliansi Brazil, Rusia, India, China serta Afrika Selatan.

BRICS terus didorong Untuk menjadi kekuatan Mutakhir dunia berkembang. Argentina, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuba, Republik Demokratik Kongo, Komoro, Gabon dan Kazakhstan telah mengutarakan minatnya Untuk bergabung Hingga Untuk organisasi tersebut.

Hingga akhirnya Ke awal tahun 2024, perluasan BRICS diwujudkan Di Memperoleh anggota Mutakhir yakni Etiopia, Iran, Arab Saudi, Mesir, dan Uni Emirat Arab. Negeri-Negeri BRICS Pada ini menyumbang Disekitar 40% Penduduk Dunia dunia dan lebih Di seperempat PDB dunia.

Lalu Ke tahun ini disebut ada 14 Negeri yang sebagian besar berasal Di Asia, Afrika, dan Timur Ditengah tertarik Untuk bergabung Di blok tersebut. Akansegera tetapi ada juga Negeri yang enggan bergabung bersama BRICS, salah satu contohnya Argentina .

Ini Daftar 3 Negeri yang Menolak Gabung BRICS

1. Argentina

Argentina termasuk Ke Di enam Negeri Mutakhir yang siap bergabung Untuk kelompok BRICS Ke 1 Januari 2024, lalu. Negeri Amerika Latin ini Akansegera diterima Ke Skuad BRICS, bersama Di Mesir, Iran, Ethiopia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Tetapi secara mengejutkan, Ri Mutakhir Argentina, Javier Milei, telah Memikat negaranya Di Ide masuk menjadi anggota BRICS. Ia mengutarakan, meski ia merasa tidak “pantas” Untuk Argentina Untuk menjadi anggota penuh BRICS, ia tetap berkomitmen Untuk memperkuat hubungan bilateral, khususnya Di tujuan Meningkatkan arus perdagangan dan Penanaman Modal Untuk Negeri.

Perubahan sikap Argentina menyoroti lemahnya posisi ekonomi dan politik Negeri tersebut Untuk upayanya membalikkan Kesalahan Individu pengelolaan ekonomi Di beberapa dekade.

Negeri ini Lagi berjuang melawan melonjaknya Ketidakstabilan Ekonomi, Di Fluktuasi Harga Disekitar 150% Di setahun terakhir. Negeri ini juga Merasakan kesulitan Di cadangan uang tunai yang rendah dan utang pemerintah yang tinggi, Sambil Itu 40% penduduknya hidup Ke bawah garis Jurang Kaya Miskin.

Pemerintahan Milei telah mendevaluasi Kurs Mata Uang negaranya lebih Di 50% seiring Di mulai berlakunya Ide terapi kejut ekonomi. Dan sebagai orang yang Merencanakan Untuk mengganti peso Argentina Di Usd AS , Milei Menunjukkan tanda-tanda lebih condong Hingga Washington daripada Beijing.

2. Meksiko

Meksiko menegaskan, tidak pernah berencana bergabung Di kelompok BRICS. Kementerian Luar Negeri Meksiko menerangkan lewat X bahwa, masih mengikuti perkembangan blok ini Sebab beban ekonomi Negeri-Negeri anggotanya dan perdagangan bilateral yang dilakukan Negeri Di para anggotanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 3 Negeri yang Menolak Gabung BRICS, Ada Indonesia?