Wisata  

4 Hektare Lahan Hingga Bukit Gedong Terbakar, Penyebabnya Kompor Meledak



Mataram

Empat hektare lahan Hingga Bukit Gedong, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar. Penyebabnya diduga kompor pendaki yang meledak Pada berkemah Di Minggu (14/7/2024).

“Dugaan Sambil seperti itu (kompor meledak, red),” kata Kepala Resort TNGR Area Aikmel Lombok Timur Gregorius Fobia, Senin (15/7/2024).

Gorius mengatakan pendaki yang membuat empat hektare lahan Bukit Gedong Hangus hangus terbakar itu Lagi Untuk proses penyelidikan.


“Masih kami selidiki. Lantaran ini bukit Unjuk pengunjung paling banyak Hingga sana kalau akhir pekan,” katanya.

Gorius mengatakan petugas sudah mengecek Hingga puncak Bukit Gedong Untuk memastikan titik api telah padam secara menyeluruh.

“Sudah dipastikan tidak ada lagi spot api. Tadi pagi kami bersama Regu Bersama Taman Nasional Gunung Rinjani, Brimob, Balai Balai Pengendalian Krisis Lingkungan (PPI) Jawa Bali Nusra dan Kelompok Peduli Api (MPA) NTB,” ujar Gorius.

Sebelumnya Itu, area kemah Hingga puncak Bukit Gedong kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, terbakar Di Minggu siang. Peristiwa itu terjadi Disekitar pukul 14.00 Wita. Beberapa pendaki yang masih berada Hingga atas bukit diminta segera turun Bersama lokasi kebakaran.

“Tadi Disekitar pukul 14.30 Wita kami bersama Regu berjumlah 10 orang Bersama berbagai instansi langsung Di lokasi Untuk melakukan pemadaman,” kata Gorius.

Kawasan yang terbakar didominasi alang-alang. Angin kencang membuat kobaran api Bersama cepat melalap alang-alang Hingga area camping Bukit Gedong.

“Tadi memang posisi Pada terbakar ada pendaki Hingga atas Disekitar 30 sampai 40 orang. Pada kebakaran saya perintahkan seluruh pendaki Untuk segera turun,” ujar Gorius.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 4 Hektare Lahan Hingga Bukit Gedong Terbakar, Penyebabnya Kompor Meledak