Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Konsumsi Bergizi dan Hidrasimu


Jakarta

Sudah siap ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run Indonesia 2024? Pasti para pencinta Berlarilah atau runners sudah bersiap mulai Bersama Pelatihan fisik dan stamina yang teratur sampai Bersama memilih Sandalku Berlarilah yang nyaman.

Eits, masih ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu asupan Konsumsi Bergizi dan hidrasimu! Lantaran kebutuhan seorang pelari bukan hanya fisik yang kuat dan kemampuanya menempuh jarak jauh tapi juga asupan Konsumsi Bergizi dan hidrasi yang cukup.

Pemenuhan Konsumsi Bergizi dan hidrasi ini sangat penting Untuk runners yang memerlukan energi besar Sebagai berlari. Berbagai manfaat Konsumsi Bergizi yang tepat Ke Latihan Berlarilah adalah Sebagai memenuhi kebutuhan energi dan bahan bakar Sebelumnya dan Pada berlari, Meningkatkan Penampilan Latihan, mempertahankan dan Meningkatkan massa otot, serta membantu proses Perawatan Setelahnya berlari.

“Ke dasarnya kita membutuhkan Konsumsi Bergizi yang lengkap dan juga seimbang Sebagai persiapan Latihan, yakni Bersama makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien itu Ditengah lain, ada karbohidrat, lemak dan protein,” jelas Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Tangerang dr Mulianah Daya, MGizi, SpGK, AIFO(K).


“Sedangkan, mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan Bersama Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika ini terpenuhi, pelari biasanya tidak sulit Sebagai recovery Setelahnya Berlarilah jarak jauh,” sambungnya.

Ada beberapa makronutrien yang diperlukan Bersama runners, pertama, karbohidrat yang merupakan sumber energi utama dan paling efisien Di Aktivitasfisik. Justru runners bisa melakukan carbo loading beberapa hari Sebelumnya perlombaan.

Carbo loading ini diperlukan Sebagai Meningkatkan cadangan glikogen, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kelelahan dini, dan Meningkatkan konsentrasi Supaya dapat membantu memaksimalkan endurance Pada berlari.

“Biasanya, carbo loading dilakukan 2-3 hari Sebelumnya perlombaan. Runners secara bertahap dapat Meningkatkan asupan karbohidrat hingga mencapai 60-70% Bersama total kalori harian Tetapi juga tetap memperhatikan kecukupan protein dan lemak baik,” tutur dr Mulianah.

“Konsumsi dan minuman tinggi karbohidrat Ditengah lain nasi, pasta, kentang, roti gandum, buah-buahan, sayuran,” lanjutnya.

Kedua, protein yang berguna Sebagai mempertahankan dan Meningkatkan massa otot Pada Aktivitasfisik. Sebagai memenuhi kebutuhan protein, dapat mengonsumsi Konsumsi seperti daging, ikan, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang.

Ketiga, lemak, yang dibutuhkan Ke Pada Aktivitasfisik Tetapi jenis lemak yang dibutuhkan adalah jenis lemak baik dan bukan lemak jenuh atau jenis kolesterol yang dapat justru dapat menghambat Penampilan dan Meningkatkan stress oksidatif Supaya dapat menghambat Penampilan Latihan.

Lalu menurut dr Mulianah, pemenuhan Konsumsi Bergizi Sebelumnya Aktivitasfisik sebaiknya memperhatikan waktu Sebagai persiapan.

“Ke 3-4 jam Sebelumnya berlari sebaiknya mengonsumsi Konsumsi tinggi karbohidrat kompleks dan protein Sebagai menyediakan energi yang Konsisten lama, seperti nasi merah Bersama ayam panggang atau oatmeal Bersama susu rendah lemak. Ke 30 menit-1 jam Sebelumnya berlari hindari Konsumsi tinggi serat yang dapat mengganggu pencernaan Pada berlari,” imbuh dr Muliana.

“Runners dapat mengonsumsi camilan ringan yang mudah dicerna, seperti pisang, yoghurt, roti Bersama selai, atau smoothies buah,” tambahnya.

Berikutnya, kebutuhan mikronutrien dapat diperoleh Bersama vitamin dan mineral yang bermanfaat Menyediakan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang muncul Ke Pada Aktivitasfisik khususnya Latihan intensitas berat. Vitamin dan mineral ini bersumber Bersama sayur dan buah-buahan.

Sebagai Menyusun diri dan memenuhi kebutuhan Konsumsi Bergizi Di berlari , dr Mulianah menyarankan Sebagai melakukan konsultasi Bersama Detail Bersama Ahli Kebugaran spesialis gizi klinik (SpGK) atau Ahli Kebugaran spesialis kedokteran Latihan (SpKO) Sebagai memandu persiapan fisik dan asupan Konsumsi Bergizi yang menunjang Kegiatan berlari. Konsultasi ini dapat diperoleh Melewati layanan unggul Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Ke Mayapada Hospital.

SITPEC merupakan layanan komprehensif dan terintegrasi Yang Terkait Bersama Latihan dan Kesejaganan, yang didukung Bersama Skuat Ahli Kebugaran mulai Bersama Ahli Kebugaran spesialis Kedokteran Latihan, Ahli Kebugaran Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Ahli Kebugaran Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ahli Kebugaran Spesialis Gizi Klinik, juga Ahli Kebugaran Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Sebagai Menyaksikan rekomendasi Latihan yang baik Untuk jantung, serta Fisioterapis Latihan jika Anda Di proses Perawatan pasca Luka Latihan.

Berikutnya, Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Yushila Meyrina, MSi, SpGK, turut memaparkan kebutuhan lainnya yang tak kalah penting, yakni kebutuhan hidrasi. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi dapat menghindari dehidrasi Pada berlari, mencegah kram otot, Meningkatkan metabolisme, dan menjaga stamina Pada Aktivitasfisik.

“Sedangkan Sebagai kebutuhan hidrasi, ada baiknya mengonsumsi cairan sebanyak 150-250 mililiter (ml) setiap 30 menit Aktivitasfisik. Bisa juga ditambah Bersama minuman isotonik atau berkarbohidrat sebesar 30-60 gram Ke Latihan Bersama durasi panjang lebih Bersama 60 menit,” jelas dr Yushila.

“Perlu diingat juga, bahwa Setelahnya Aktivitasfisik pun diperlukan kebutuhan hidrasi Sebagai menghindari dehidrasi. Idealnya konsumsi cairan pengganti sebesar 450-500 ml setiap 0,5 kilogram (kg) berat badan yang turun Di waktu 2 jam Setelahnya melakukan Latihan,” imbuhnya.

Sebagai official hospital partner Sebagai Pocari Sweat Run Indonesia 2024, Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat Berusaha Sebagai Meningkatkan kesadaran para runner Sebagai mengetahui kesiapan dan Situasi mereka masing-masing, Bersama menyediakan Self Health Assessment, yaitu formulir asesmen mandiri Bersama beberapa pertanyaan seputar Situasi dan riwayat Kesejaganan. Asesmen mandiri ini perlu diisi para runner yang Akansegera mengikuti offline event Sebagai dapat mengetahui dan menilai kesiapan mereka Sebelumnya ikut serta Di ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024.

Mayapada Hospital juga Menyediakan Dukungan menyeluruh kepada para runners Bersama menyediakan paket Medical Check Up (MCU) Runner yang dapat dilakukan Ke seluruh unit Mayapada Hospital, serta fasilitas pemeriksaan rekam jantung (EKG) secara gratis khusus Ke unit Mayapada Hospital Bandung.

Untuk mengawal Kesejaganan para peserta Pada Peristiwa berlangsung, Mayapada Hospital Akansegera siap siaga menyediakan fasilitas ambulans, Skuat Ahli Kebugaran spesialis dan Ahli Kebugaran umum, perawat lengkap beserta fisioterapis Latihan, serta tenda ICU Sebagai penanganan Tindak Kejahatan kegawatdaruratan Bersama cepat dan tepat.

Kemeriahan Pocari Sweat Run Indonesia 2024, juga Akansegera diwarnai Bersama aktivasi Menarik Perhatian seperti EKG, vision check, serta games yang Akansegera ada Ke booth Mayapada Hospital Pada Race Pack Collection Ke tanggal 18-20 Juli 2024 dan Pada Peristiwa berlangsung Ke tanggal 20-21 Juli 2024. Karena Itu, pastikan kamu siap ikut Ke Peristiwa Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ini ya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Konsumsi Bergizi dan Hidrasimu