3 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Picu Gagal Ginjal Ke Usia Muda


Jakarta

Gangguan gagal ginjal Di ini mulai banyak menyerang anak muda. Hal ini ditandai Bersama meningkatnya Gaya hemodialisa atau cuci darah Di kalangan remaja.

Gagal ginjal ini bisa diakibatkan Bersama banyak hal. Bisa dipicu Bersama glomerulonefritis yakni peradangan Di glomerulus bisa Sebab Gangguan autoimun atau adanya diabetes, yang mana masih menjadi menjadi penyebab nomor satu gagal ginjal.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang seringkali dilakukan Bersama anak muda yang tanpa disadari dapat memicu terjadinya Situasi gagal ginjal. Spesialis Gangguan Untuk dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, Subsp. Kerjasamaekonomiinternasional.H(K) mengatakan setidaknya ada tiga kebiasaan yang kerap dilakukan anak muda dan bisa memicu gagal ginjal.


“Nomor satu adalah konsumsi gula yang berlebih,” ujar dr Elizabeth Untuk webinar daring, Rabu (10/7/2024)

Gula berlebih, lanjut dr Elizabeth biasanya didapatkan anak muda lewat kebiasaan ‘ngopi’. Menurutnya, anak-anak muda Di ini banyak sekali yang suka mengonsumsi Minuman Terkini Bersama tambahan gula dan susu kental manis.

“Minuman gimana Di gagal ginjal? Sebenarnya Minuman itself tidak berpengaruh Di gagal ginjal. Tapi Sebab dia menggunakan gula, susu kental manis Bersama Sebab Itu konsumsi gulanya berlebih,” kata dr Elizabeth.

“Biasanya generasi muda yang WFH tuh konsumsi Minuman nggak hanya sekali ya (Untuk sehari),” sambungnya.

Kebiasaan kedua adalah seringnya remaja mengonsumsi Terapi painkiller atau penghilang rasa nyeri. Tanpa disadari, ternyata Terapi ini bisa menjadi boomerang Sebab sifatnya toxic Di ginjal jika dikonsumsi berlebih.

“Nomor dua adalah penggunaan Terapi-Terapi toxic Di ginjal, itu Terapi apa? Biasanya adalah painkiller atau penghilang rasa nyeri,” kata dr Elizabeth.

“Bersama Sebab Itu perlu diedukasi Ke Komunitas penggunaan Terapi penghilang rasa nyeri ini harus berdasarkan pengawasan Praktisi Medis,” sambungnya.

Nomor tiga, lanjut dr Elizabeth adalah kebiasaan anak muda yang suka meminum alkohol. Menurutnya, minuman ini bisa memicu adanya kerusakan Di ginjal dan organ-organ lain.

“Nomor tiga adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, kadang-kadang oplosan lagi. Sering banget itu bikin toxic Ke ginjal dan bikin kerusakan Ke organ-organ lainnya,” katanya.

dr Elizabeth mengimbau Untuk Komunitas khususnya anak muda Untuk bisa lebih menyayangi ginjalnya. Salah satu langkah sederhana Untuk menghindari gagal ginjal adalah Bersama rutin minum air putih.

“Tips menjaga ginjal adalah konsumsi air putih Bersama jumlah yang cukup, Untuk orang yang tanpa masalah liver, masalah jantung, secara normal aja itu konsumsi air putih sebaiknya 30 cc per kg berat badan,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 3 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Picu Gagal Ginjal Ke Usia Muda