Beda Kandungan Gizi Putih dan Kuning Telur, Mau Pilih Mana Sebagai Sarapan?

Jakarta

Telur merupakan salah satu bahan Minuman yang populer Sebab dan kelezatan dan manfaatnya Untuk Kesejaganan. Telur Disorot sebagai salah satu sumber Gizi penting seperti protein, vitamin, mineral, hingga lemak sehat.

Telur terdiri Di dua Dibagian yaitu putih dan kuning telur. Sebenarnya bagaimana perbedaan kandungan gizi Di kedua Dibagian penting telur ini? Berikut ini penjelasannya dikutip Di Times of India:

Putih Telur

Putih telur Memperoleh kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah. Satu telur putih hanya mengandung Disekitar 17 kalori dan 0,2 gram lemak. Putih telur cocok dikonsumsi Dari orang yang Lagi memperhatikan asupan kalori dan lemak.


Walaupun rendah lemak dan kalori, putih telur bisa menjadi sumber protein yang berkualitas baik. Putih telur mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan Sebagai perbaikan dan Perkembangan otot. Satu putih telur mengandung Disekitar 11 gram protein.

Putih telur tidak mengandung kolesterol, Akan Tetapi cenderung lebih rendah nutrisinya dibandingkan Bersama kuning telur. Putih telur tidak mengandung kolesterol Agar lebih aman Untuk orang-orang yang Memperoleh kadar kolesterol tinggi atau faktor risiko Gangguan jantung.

Putih telur mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah. Vitamin riboflavin yang ada Ke dalamnya dapat membantu mencegah katarak hingga migrain atau sakit kepala sebelah.

Kuning Telur

Kuning telur mengandung Disekitar 55 kalori dan mengandung berbagai zat gizi. Gizi yang dimaksud termasuk vitamin (A, D, E, K, B), mineral (zat besi, fosfor, seng), dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3.

Kuning telur juga dapat menjadi sumber kolin yang baik Sebagai tubuh. Kolin berguna Sebagai menjaga Kesejaganan otak, fungsi hati, dan metabolisme tubuh. Satu buah kuning telur dapat menyediakan 147 miligram kolin.

Kuning telur dikenal Bersama kandungan lemak sehatnya. Kuning telur mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bermanfaat Sebagai Kesejaganan jantung jika dikonsumsi Di jumlah Lagi. Di satu butir telur ada Disekitar 27 gram lemak.

Kuning telur mengandung zat besi, kolesterol, serta karotenoid yang baik Sebagai Meningkatkan Kesejaganan penglihatan. Karotenoid berperan sebagai antioksidan Sebagai melindungi mata Di radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan Ke retina.

Kuning dan putih telur memang Memperoleh kandungan gizi yang berbeda. Jika hanya ingin mengonsumsi satu Dibagian saja, sesuaikan Bersama kebutuhan dan Situasi tubuh.

Ke Umumnya, kedua Dibagian telur ini sama-sama baik Sebagai tubuh. Konsumsi Di jumlah yang tepat dan moderat dapat Memberi manfaat yang maksimal Sebagai Kesejaganan tubuh.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Beda Kandungan Gizi Putih dan Kuning Telur, Mau Pilih Mana Sebagai Sarapan?