Viral Perawatan Pengencer Darah Diganti Perawatan Demam Di RS, Ini Kata Profesor Resep-Obatan


Jakarta

Viral Di media sosial seorang pria mengaku diberikan Perawatan demam Di kandungan asam asetilsalisilat sebagai pengencer darah. Ini dilakukan Di Fasilitas Medis tempatnya berobat.

Video tersebut dibagikan pertama kali Di akun TikTok @ben***. Untuk video itu, dikatakan kalau pihak Fasilitas Medis mengganti Perawatan pengencer darah Di salah satu produk Perawatan demam Sebab stoknya habis.

“Gara-gara Perawatan pengencer darah habis Di Fasilitas Medis, diganti B******* sama pihak Fasilitas Medis. Gimana ya, ini ya? B******* tuh buat satu bulan,” kata pria tersebut yang dikutip detikcom, Kamis (11/7/2024).


Menyoroti hal Yang Berhubungan Di, Guru Besar Resep-Obatan Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menjelaskan banyak merek Perawatan pengencer darah yang Di ini sering digunakan, seperti Aspilet, Ascardia, Thrombo Aspilet, dan lain-lain. Perawatan-Perawatan tersebut Memiliki isi kandungan yang sama yakni asetosal atau asam asetilsalisilat.

“Sebenarnya nggak ada masalah Di segi isi obatnya. Isinya adalah asetosal atau asam asetilsalisilat,” terang Prof Zullies Di dihubungi detikcom, Kamis (11/7).

“Ia bekerja Di menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX) yang mengkatalisis pembentukan prostaglandin dan tromboksan. Tromboksan adalah komponen pembekuan darah. Dari Sebab Itu Perawatan tersebut menghambat pembekuan darah atau dapat mengencerkan darah,” jelasnya.

Di sisi lain, asetosal juga dapat menghambat pembentukan prostaglandin, yang merupakan mediator nyeri dan demam. Maka Di itu, asetosal dapat digunakan juga Sebagai menghilangkan nyeri atau demam.

“Dan itu digunakan Di Perawatan demam itu yang mengandung asetosal 80 mg, persis seperti Aspilet dan lain-lain. Dari Sebab Itu, nggak masalah secara efek farmakologinya, jika kebetulan tidak tersedia aspilet dan lain-lain, digunakan Perawatan ini,” kata Prof Zullies.

Yang Berhubungan Di efeknya, Prof Zullies mengatakan efek Di Perawatan pengencer darah Di Perawatan demam ini sama efektifnya. Hal ini Sebab isi kandungan yang ada Di Untuk kedua Perawatan tersebut masih sama.

“Sama saja, Sebab isinya sama, dosisnya juga sama,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral Perawatan Pengencer Darah Diganti Perawatan Demam Di RS, Ini Kata Profesor Resep-Obatan