Kerap Tertekan dan Gelisah Lantaran Masa Lalu Buruk, Harus Gimana Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Halo Dok, mau tanya. Saya dulu waktu kecil punya Pengalaman Hidup buruk. Tapi sampai usia 29 tahun ini, masih saja terbayang.

Kadang itu membuat saya tertekan dan gelisah. Apa yang bisa dilakukan Sebagai menghilangkannya Dok?


Lina M (wanita, 29 tahun)

Jawaban:

Sebelumnya, perlu dicari tahu dulu beberapa Nilai Yang Terkait Didalam Kemakmuran yang dialami. Misalnya Untuk situasi seperti apa yang membuat rasa tertekan dan gelisah itu muncul, serta pikiran-pikiran yang biasanya muncul.

Pasien bisa menemukan cara sebagai solusinya Didalam Terapi jangka panjang dan pendek. Sebagai jangka panjang, bisa Didalam melakukan psikoterapi.

Sambil Itu Sebagai Terapi jangka pendek, biasanya digunakan Sebagai mengatasi perasaan kurang nyaman yang muncul. Caranya seperti:

Mengekspresikan perasaan dan pikiran Lewat menulis jurnal atau menggambar dapat membantu Untuk pemrosesan emosional.

Tenteram (Bermeditasi, pernapasan, dan Peregangan)

Membantu Mengurangi Beban dan kegelisahan yang Mungkin Saja muncul ketika memikirkan Pengalaman Hidup tersebut, hingga memunculkan rasa Tenteram.

Cari Karya yang menyenangkan

Temukan kegiatan atau Kesenangan yang membuat Anda senang dan terlibat secara aktif Untuk hal-hal yang positif dan membangun.

Pranedia Nilamsari, SPsi, M.Psi

Psikolog

RSIA Pusura Tegalsari – Bunda Morula Surabaya

Tentang Konsultasi Keadaan

Pembaca detikcom yang Memiliki pertanyaan seputar Keadaan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin Lewat form Konsultasi detikHealth, KLIK Di SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan Didalam keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu Kemakmuran Psikologis health kamu? Coba ikutan tes psikologi Di SINI.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kerap Tertekan dan Gelisah Lantaran Masa Lalu Buruk, Harus Gimana Dok?