Hingga Pasar Gede Solo Bisa Ngopi Hingga Toko Podjok yang Eksis 3 Generasi


Solo

Jauh Sebelumnya menjamurnya kafe dan coffee shop Terkini Hingga Solo, ada toko Minuman Hingga Pasar Gede yang sudah eksis. Namanya Toko Podjok Bersama menu andalan seperti ini.

Toko Podjok punya sejarah panjang Lantaran sudah ada Sebelum 1945. Awalnya, pemilik toko yang terkenal Lantaran memproduksi produk Minuman siap seduh merek Angkring ini menjajakan dagangannya Bersama cara berkeliling.

“Toko Podjok ini dimulai Untuk engkong saya (Liem A Mee). Tahun 1945 engkong udah jualan, tapi lokasinya nggak Hingga sini. Dulu pakai gerobak, dorong muter Disekitar Solo,” kata pengelola Toko Podjok, Wendy Mintarja Pada ditemui, Senin (20/5/2024).


Seperti namanya, Toko Podjok berada Hingga sudut Padar Gede sisi barat. Toko ini buka tiap Senin-Sabtu pukul 08.00-15.30 WIB.

“Hingga sini (buka toko Hingga Pasar Gede) tahun 1964. Terus kena Bencana Alam. Sesudah Bencana Alam kita kembalikan Hingga sini Hingga tempat yang sama,” sambungnya.

Berawal Untuk itu, Minuman jualan Liem A Mee dikenal Bersama sebutan Minuman Angkring yang hingga kini Karena Itu merek produknya. Wendy menjelaskan, Minuman Angkring diolah menggunakan racikan khas kakeknya yang terjaga Sebelum dulu hingga kini.

“Nggak berubah sampai saya generasi ketiga,” ucap dia.

Menurut Wendy, Minuman Angkring diolah Untuk biji Minuman robusta pilihan yang digiling tanpa campuran apa pun. Salah satu alat penggilingnya masih tradisional yang usianya diperkirakan sudah mencapai 45 tahun.

Ada dua kemasan Minuman Angkring. Pertama, kemasan ukuran 250 gram Untuk Alattulis yang dilapisi plastik. Harganya Rp 40.000. Kedua, kemasan saset rentengan. Harganya Rp 13.000 per renteng yang terdiri Untuk 10 saset.

“Kalau ini (kemasan Alattulis) yang full robusta, (resep) tinggalan Untuk almarhum (Liem A Mee). Untuk awal kemasannya gini (pakai Alattulis). Terus saya tambahin plastik, Lantaran kan (rawan) sobek ya,” ujar Wendy.

Ragam biji Minuman juga ditawarkan Hingga Toko Podjok, Pasar Gede Solo. Ilustrasi Foto: Di FOTO/RAISAN AL FARISI

Selain menjual Minuman Angkring kemasan, Toko Podjok juga menyediakan tempat Bagi pembeli yang ingin langsung menyeruput Minuman seduh. Harganya murah, cuma Rp 6.000 per cangkir.

Toko Minuman Podjok tidak hanya menjual produk Minuman Angkring, tapi juga menyediakan Minuman robusta, arabica, excelsa, hingga liberica. Berbagai varian Minuman Untuk Untuk maupun luar negeri itu dijual menggunakan kemasan standing pouch Dari Toko Minuman Podjok.

“Ada yang Untuk Aceh, ada yang Sidikalang, Mandailing, Kerinci, Flores, Papua, kan banyak daerahnya, Karena Itu bisa pilih daerahnya terus digiling,” kata Wendy.

Toko Minuman Podjok juga menjual berbagai peralatan penyeduh Minuman. “Alat ada juga Hingga sini. Ada dripper, filter paper, gilingan,” sambung dia.

Artikel ini ditulis Dari Insi Faiqoh dan Roosita Afrilia Hasna Kusuma, peserta Langkah Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Hingga detikcom.

Artikel ini sudah tayang Hingga detikjateng Bersama judul “Minuman Angkring Pasar Gede Solo Bertahan 3 Generasi, Berawal Untuk Kelilingan”

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hingga Pasar Gede Solo Bisa Ngopi Hingga Toko Podjok yang Eksis 3 Generasi