Wisata  

BKSDA Telusuri Orang Utan Setinggi Tempattinggal Warga yang Diduga Hingga Kaltim



Kutai Timur

Video viral Menunjukkan orang utan Di berada Hingga area permukiman warga. Yang membuat tercengang, orang utan terlihat berukuran setinggi Tempattinggal.

Orang utan itu diduga berada Hingga Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim pun Di menelusuri video yang direkam seorang pengendara itu.

“Bersama kemarin kita sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran Bersama media sosial dan lain-lain. Setelahnya Itu juga Bersama kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasinya yang dimaksud (Kutim),” kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto kepada detikcom, Senin (8/7/2024).


Ari menerangkan Bersama video yang diterima, pihaknya belum dapat memastikan lokasi pasti orang utan berada. Sebab menurutnya informasi yang beredar Hingga media sosial masih simpang siur.

“Ya Karena Itu masih simpang siur. Sayangnya bahwa peng-upload pertama video itu sudah men-take down upload mereka. Karena Itu agak susah kita mencari informasi Bersama Detail, tapi kita tetap mencari lokasi yang sesuai Bersama video tersebut,” terangnya

“Kita belum memastikan lokasinya itu ada Hingga mana apakah Hingga Kalimantan Timur, Kalbar, atau Kalteng. Belum bisa menentukan,” imbuhnya.

Bersama Detail, Ari menerangkan Bersama pengamatannya, orang utan yang terekam warga tersebut merupakan orang utan jantan dan juga merupakan orang utan senior. Sambil Itu Yang Berhubungan Bersama ukuran orang utan yang dinarasikan hampir setinggi Tempattinggal warga, menurut Ari hal itu disebabkan pengambilan sudut video.

“Lihat agel videonya, itu kan diambil Bersama bawah, Setelahnya Itu juga Tempattinggal itu kita tidak tahu jaraknya seperti apa. Karena Itu itu Lantaran angle aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya Karena Itu besar,” ungkapnya.

Ari menambahkan mengenai keberadaan orang utan yang memasuki permukiman warga atau jalan raya suatu kewajaran. Hal tersebut mengingat orang utan tersebut merupakan jantan dan tidak Memperoleh Area teritori.

“Ya memang tingkah lakunya pasti mereka mencari betina atau mencari makan Hingga tempat, Karena Itu tidak ada teritori. Mereka pasti Berencana berkeliling mencari sesuatu hal seperti lelaki petualang, seperti itu Lantaran dia ini senior sekali,” tuturnya

“Karena Itu mereka tidak Berencana sanggup Merangkak pohon Lantaran sudah berat badannya itu sudah besar,” pungkasnya.

Bersama video yang beredar nampak orang utan berada Hingga sebuah pohon Didekat permukiman warga. Untuk video itu nampak ukuran orang utan Pada berdiri tingginya hampir mencapai Tempattinggal warga.

______________________

Artikel ini telah tayang Hingga detikSulsel

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: BKSDA Telusuri Orang Utan Setinggi Tempattinggal Warga yang Diduga Hingga Kaltim