Mengenang 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Sindir Dinasti Jokowi

Road Show Napak Tilas Peringatan 26 Tahun Reformasi berlanjut Ke Universitas Mandiri Bina Prestasi, Jalan Jamin Ginting Padang Bulan, Kota Medan, Senin (24/6/2024). Foto/Istimewa

JAKARTA – Road Show Napak Tilas Peringatan 26 Tahun Reformasi berlanjut Ke Universitas Mandiri Bina Prestasi, Jalan Jamin Ginting Padang Bulan, Kota Medan, Senin (24/6/2024). Ratusan mahasiswa Sumatera Utara dan Jabodetabek mengikuti Unjuk Rasa yang memajang replikasi 1.000 nisan dan 2.000 tengkorak.

Unjuk Rasa para mahasiswa itu juga mempertontonkan pameran foto peristiwa 1998 dan juga terdapat mimbas diskusi. Konsolidasi Mahasiswa Sumatera Utara Bersatu turut dihadiri moderator Rizki Yusuf Siregar alumni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Dio Sitepu mahasiswa UMBP, Sandy mahasiswa Bersama Jabodetabek, dan Petrik Rajagukguk selaku narasumber, serta ratusan mahasiswa Bersama berbagai kampus.

Berbagai Keinginan para mahasiswa Di Unjuk Rasa tersebut, Ke antaranya tolak Inisiatif Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), menyoal Kedaulatan Rakyat mati suri, hingga menyinggung konflik agraria atau tanah adat dan tanah adat milik rakyat. Para mahasiswa dan alumni menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan pembacaan sumpah mahasiswa.

Sejumlah spanduk berisi sindiran dipasang, misalnya “Reformasi Dibajak Dinasti Jokowi”, “Untuk mantu Pj Gubernur Sumatera Utara tiba-tiba diganti Hmm.. Negeri Seperti Milik Pribadi”, “Tanah Adat Milik Rakyat Terus Kenapa Dirampas Perusahaan”.

Ada juga bertuliskan “Nabung Untuk Rumah Nunggunya Sampai Mati”, “Payah Cakap Sudah Belum Kerja Uda Ditunggu Tapera”. “Ga Butuh Izin Tambang, Kami Butuh Izin Gereja”, serta “Harga-harga Melambung Tinggi UKT Meroket Bagaikan Sunami”.

Dio Sitepu menyampaikan, terima kasih atas kehadiran undangan Bersama berbagai mahasiswa Sumatera Utara dan Jabodetabek yang menyempatkan waktu mengikuti Peringatan 26 Tahun Reformasi tersebu. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Mandiri Bina Prestasi yang Memberi tempat Peristiwa tersebut.

Ke Pada Yang Sama, Sandy selaku perwakilan mahasiswa Jabodetabek berharap pertemuan itu tidak hanya Ke agenda 26 tahun reformasi. “Kita bisa bebas berorganisasi, kita bisa bebas beraspirasi, kita bisa bebas berkumpul tanpa mengintimidasi dan segala macam, hari ini kita Melakukan agenda Untuk mengenang perjuangan teman-teman pejuang reformasi,” tegasnya.

Mereka juga menganggap situasi hari ini tidak bisa Dikatakan biasa saja. Inisiatif Tapera menjadi salah satu Aturan pemerintah yang Dikatakan menyengsarakan rakyat.

Ke Pada Yang Sama, Petrik Rajagukguk mengingatkan bahwa mahasiswa dan pemuda harus kritis sebagaimana sejarah pergerakan dahulu. “Tidak terlepas Bersama apa proses awal Bersama pergerakan mahasiswa itu tumbuh muncul tentu berangkat Bersama kegelisahan Lagi terjadi penindasan kita awali tahun 1998,” ujarnya.

Petrik mengatakan, berorganisasi melahirkan kebebasan berekspresi, melahirkan Pemilihan Umum multipartai, hingga melahirkan Kedaulatan Rakyat seperti yang diinginkan rakyat. Peristiwa itu dilanjutkan penaburan karangan bunga kepada pahlawan reformasi Ke lokasi Universitas Mandiri Bina Prestasi.

Sedangkan perwakilan kampus yang mengikuti Peristiwa itu Ke antaranya Nommensen Medan, Unimed, UISU, Universitas Methodis, Universitas Panca Budi Medan, Universitas Santo Thomas (Unika Medan), Polmed Medan, dan Universitas Bina Prestasi Mandiri Medan.

(rca)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mengenang 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Sindir Dinasti Jokowi