Riwayat Karier Militer Suryo Prabowo, Jenderal TNI yang Saksikan Merah Putih Berkibar Terakhir Di TimTim

Letjen TNI Johannes Suryo Prabowo bersama Jenderal Djoko Santoso Di masih aktif bertugas Di militer. FOTO/IST

JAKARTA – Nama Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo Untuk sebagian orang Bisa Jadi sudah tidak Asing lagi. Ia merupakan salah seorang tokoh militer yang sudah kenyang Pengalaman Hidup tempur Di medan operasi.

Mutakhir-Mutakhir ini, Suryo Prabowo Memperkenalkan Bacaan berjudul ‘Menghantar Provinsi Timor Timur Merdeka Menjadi Timor Leste’. Bacaan itu berisikan kisah-kisahnya Pada bertugas Di Timor Leste yang waktu itu masih bernama Timor Timur.

Sebagaimana diketahui, Suryo Prabowo Di masih aktif Di militer memang pernah berdinas Di Timor Timur. Ia Justru menjadi salah satu saksi hidup menjelang momen penyerahan kedaulatan atas Timor Timur.

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya sepak terjang Suryo Prabowo Di aktif Di militer? Berikut ini riwayat kariernya yang bisa disimak.

Riwayat Karier Militer Suryo Prabowo

Letnan Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo merupakan salah seorang Pensiunan Tentara perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Ia dulunya diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1976.

Di Belajar, Suryo berasal Di kecabangan Infanteri Kopassus. Menariknya, tentara kelahiran Semarang, 15 Juni 1954 ini sukses keluar sebagai lulusan terbaik dan Merasakan Apresiasi Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama.

Di mengikuti Belajar Di Akmil, Suryo juga pernah mengikuti pertukaran taruna Di RMC (Royal Military College) Duntroon, Australia. Ia sempat mengikuti berbagai Belajar atau kursus spesialisasi, termasuk Nubika (Nuklir Biologi dan Kimia), penjinakan bahan peledak, dan lainnya.

Lulus Di Akmil 1976, Suryo sempat bertugas sebagai Danton 3 Yonzipur 1/DD (1976-1977). Setelahnya, ia beralih menjadi Danton 1 Yonzipur 1/DD (1977-1979), Pasiops Yonzipur (1979-1981), Danki Yonzipur 1/DD (1981-1984) hingga Pasi 2/Ops Yonzipur 1/DD (1984-1986).

Beberapa waktu berselang, Suryo menjadi Danden Zipur 5/Dam XVII/Trikora (1989-1990). Sempat bertugas sebagai Kazi Kopassus (1991-1992) dan Danyon Zipur 10 (1992-1994), ia Lalu Menyambut mandat Mutakhir Sebagai dinas Di Timor Timur.

Pada bertugas Di Timtim, Suryo dipercaya Sebagai menempati berbagai jabatan berbeda. Di antaranya seperti Kasiops Korem 164/WD Timor Timur, Kasiintel Korem 164/WD Timor Timur, Kasiter Korem 164/WD Timor Timur, Kepala Staf Korem 164/WD Timor Timur hingga Wadanrem 164/WD Timor Timur.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Riwayat Karier Militer Suryo Prabowo, Jenderal TNI yang Saksikan Merah Putih Berkibar Terakhir Di TimTim