Viral Situasi Tenda Jemaah Haji Indonesia Ke Mina, Kemenag: Itu Otoritas Arab Saudi

Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag, Arsyad Hidayat Untuk diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Nanti Kita Cerita Tentang Haji Hari Ini, Sabtu (22/6/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR

JAKARTA – Kementerian Agama ( Kemenag ) Merespons ramainya Ke media sosial Yang Berhubungan Di Situasi tenda jemaah haji Indonesia Ke Mina, Arab Saudi yang penuh dan sesak. Justru, masalah Situasi tenda ini juga menjadi catatan temuan Dari Skuat pengawas (Timwas) Haji Lembaga Legis Latif.

“Kaitan Di Situasi tenda Ke Mina ya. Kami melihat, bahwa Situasi Ke Mina itu adalah Situasi yang mohon maaf kami mengatakan agak-agak darurat ya,” kata Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag, Arsyad Hidayat Untuk diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk ‘Nanti Kita Cerita Tentang Haji Hari Ini’, Sabtu (22/6/2024).

Arsyad menyampaikan Kemenag sudah secara aktif berkomunikasi Di pihak Arab Saudi Untuk meminta agar pelayanan serta fasilitas Ke tenda tersebut dapat ditingkatkan. Akan Tetapi, semua berpulang kepada pihak otoritas setempat.

“Kami ingin sampaikan, Di kuota jamaah haji Ke angka 221 ribu, jika diberikan kepada jamaah, dan space yang disiapkan pemerintah arab Saudi, space per individu itu Ke angka 0,87 meter persegi. Karena Itu memang asilnya sudah seperti itu,” ujarnya.

Dia kembali mengingatkan kembali bahwa Untuk beberapa tahapan pelaksanaan puncak haji, Kemenag Memperoleh keterbatasan. Pasalnya, hal itu merupakan kewenangan daripada Arab Saudi.

“Ini harus juga kita sadari, kaitan Di fasilitas, sarana Ke puncak Haji khususnya Ke Arafah, Muzdalifah, Mina itu sepenuhnya menjadi Area dan otoritas Arab Saudi. Kita mengusulkan, kita meminta, tapi sepenuhnya yang punya otoritas hal tersebut adalah pihak Arab Saudi,” katanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Viral Situasi Tenda Jemaah Haji Indonesia Ke Mina, Kemenag: Itu Otoritas Arab Saudi