Server PDN Kominfo Down, Menko Polhukam: Masih Diperbaiki dan Didalami

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto turut menyoroti soal gangguan Di server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Foto/SIINDOnews/Riana Rizkia

JAKARTA – Pembantu Presiden Tim Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Perlindungan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto turut menyoroti soal gangguan Di server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) . Hadi menjelaskan bahwa Di ini pemerintah Masih terus melakukan perbaikan dan mendalami penyebab gangguan server PDN Kominfo tersebut.

“Iya itu memang sangat teknis. Masih terus diperbaiki dan didalami,” ujarnya Di ditemui usai Peristiwa Fun Walk HUT Hingga-78 Bhayangkara Di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Hadi menilai kemungkinan ada permasalahan-permasalahan teknis yang membuat server tersebut bermasalah.

“Yang kita juga ketahui jangan sampai terjadi Di Lalu hari. Biasa kan, kalau peralatan-peralatan mesti ada kelemahannya yang perlu kita antisipasi,” jelasnya.

Hadi berharap permasalahan serupa tidak terjadi Di Lalu hari. Pemerintah, harus sudah bisa mengantusipasi hal tersebut.

“Mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Dan ini perlu back up kan sebetulnya, ya. Itu mungkinkah back upnya juga, juga Karena Itu permasalahan, terus kita dalami,” katanya.

Sebelumnya Itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Mobilitas Penduduk Internasional Kementerian Hukum dan Ham (Hak Fundamental) Mengintroduksi bahwa Server PDN Merasakan gangguan.

Sebab, layanan keimigrasian Di unit pelaksana teknis seperti Kantor Mobilitas Penduduk Internasional, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian, serta tempat pemeriksaan Mobilitas Penduduk Internasional Di bandar udara dan pelabuhan Merasakan kendala.

“Walaupun sistem Lagi terkendala, Mobilitas Penduduk Internasional tetap Menyediakan pelayanan seoptimal Mungkin Saja agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun Di Di kedatangan,” tulis akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi, Kamis (20/6/2024).

“Untuk Sambil Itu, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal Hingga bandara, Mengharapkan proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya,” sambungnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Server PDN Kominfo Down, Menko Polhukam: Masih Diperbaiki dan Didalami